Mulai Aktif, Pengajian Tafsir Al-Qur’an Jum’at Fajar Menara Kudus Diasuh Gus Hana

0
627
(Ilustrasi/Official Menara Kudus)


KUDUS, Suaranahdliyin.com –
Pengajian tafsir Alquran jumat fajar di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus mulai aktif kembali. Pengajian yang sebelumnya diasuh oleh KH. M. Sya’roni Ahmadi tersebut sekarang diteruskan oleh putranya, yakni KH. M. Yusrul Hana Sya’roni (Gus Hana).

Seperti sebelumnya, pengajian dimulai setelah jama’ah salat subuh di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus. Pada pertemuan perdana ini, Gus Hana mengawalinya dengan menjelaskan kandungan isi surat Al-Fatihah.

“Mengawali pengajian tafsir di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus, kita awali dari surat Al-Fatihah,” papar Gus Hana Sya’roni, Jumat (04/02/22) pagi.

Lebih lanjut, Gus Hana menjelaskan beberapa pendapat ulama mengenai status Bismillahirrahmanirrahim dalam Al-Fatihah. Apakah termasuk ayat dalam Fatihah ataukah tidak. Menurut Imam Abu Hanifah dan Imam Malik, Basmalah tidak termasuk ayat dalam surat Fatihah. Sedangkan menurut Imam Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal, Basmalah termasuk ayat dalam surat Fatihah.

“Nah, yang indah, meskipun ada perbedaan pendapat ulama. Jumlah ayat dalam Surat Fatihah tetap tujuh,” jelas Gus Hana.

Dijelaskan oleh Gus Hana, bagi yang berpendapat basmalah termasuk surat Fatihah maka itu menjadi ayat pertama dan “Ihdinashshiratal mustaqim” sebagai ayat ke-6. Sedangkan bagi yang tidak mengikutkan Basmalah, ayat ke-6 jatuh pada ayat “shiratalladzina an’amta ‘alaihim” dan “ghairil maghdzubi ‘alaihim…” adalah ayat ke-7.

Pada kesempatan itu, Gus Hana juga menyampaikan perihal empat keutamaan mengikuti pengajian Alquran. Empat keutamaan itu antara lain, diberikan ketenangan hidup (sakinah), dijaga oleh para malaikat, diberikan keluasan rahmat dan belas kasih Allah Ta’ala, dan dipamerkan oleh Allah kepada para malaikat-Nya.

“Tidak ada orang atau barang yang dipamerkan kecuali orang itu unggul dan pilihan,” sebut Gus Hana.

Pengajian tafsir Alquran ini bisa disaksikan secara virtual live streaming melalui kanal resmi Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK), Official Menara Kudus(rid/ adb, ros)

Comments