Gus Hana Ulas Kisah Bani Israil

0
288
Gus Hana/ Foto: istimewa

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Rutinan kajian tafsir al-Quran di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus hari ke-18, melanjutkan penjelasan Surat Al-Baqarah ayat 87-88. Ayat tersebut menerangkan tentang kisah Bani Israil.

KH M Yusrul Hana Sya’roni, menceritakan kisah Bani Israil yang disebutkan dalam al-Quran. Bani Israil merupakan kaum keturunan dari Nabi Ya’kub.

“Ayat ini menerangkan tentang zaman Bani Israil, lafal Israil berasal dari Bahasa Ibrani, artinya hamba Allah,” terang Gus Hana – sapaan akrab KH M Yusrul Hana Sya’roni- melanjutkan kajian Shubuh sebelumnya, Rabu (20/04/2022).

Lebih lanjut Gus Hana menyampaikan, bahwa Bani Israil mendapatkan banyak kenikmatan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, Namun, Bani Israil tidak pernah mensyukuri nikmat yang diberikan. “Tidak beryukur. Justru membalas dengan perbuatan jelek dan kekufuran,” tuturnya.

Diperintahkan untuk menyembah Allah, Bani Israil malah menyembah anak sapi. Bani Israil juga mengubah isi kitab Taurat, membunuh Nabi dan tidak percaya kitab Taurat. “Termasuk nikmat diutusnya Nabi Musa, Nabi Harun, hingga Nabi Isa, diturunkan kitab, tapi tidak pernah bersyukur,” paparnya.

Kemudian, Allah menunjukkan kekuasaannya kepada Bani Israil dengan mukjizat-mukjizat yang diberikan kepada para Nabi dan rasul. Seperti Nabi Isa yang lahir tanpa seorang ayah, bisa menghidupkan orang mati, berbicara ketika masih bayi, serta bisa menyembuhkan penyakit buta. “Mukjizat Nabi itu diberikan Allah menyesuaikan dengan zaman kenabiannya,” ungkapnya.

Tak lupa, Gus Hana berpesan kepada jamaah untuk menjadi hamba yang saleh sesuai dengan ukuran Gusti Allah. “Yaitu dengan cara memenuhi haknya Allah dan hak-hak manusia. Kalau kata Mbah Sya’roni, ibadahe dines srawungane sahe,” tuturnya. (sim/ adb)

Comments