Ngaji Tafsir, Gus Hana Ulas Cerita Kaum Yahudi

0
418
KH.Yusrul Hana Sya’roni (Gus Hana)

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Selama Ramadhan, Ngaji rutin Tafsir Al-Qur’an Kembali diadakan setiap hari bakdaa subuh di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus. Pada Senin (18/4/2022), Ngaji yang diampu KH. Yusrul Hana membahas mengenai isi surat Al-Baqarah ayat 78-82.

KH Yusrul Hana Sya’roni atau Gus Hana menjelaskan ayat tersebut tentang perilaku kaum Yahudi. Disampaikan bahwa akidah orang-orang Yahudi sudah sasar atau keliru.

“Orang Yahudi itu mengatakan Nabi Uzair adalah sampai Allah, ini sangat keliru,” Gus Hana.

Diriwayatkan, Nabi Uzair memang hafal isi dari kitab Taurat yang sudah lama hilang. Hal ini yang menyebabkan kaum Yahudi mengira Nabi Uzair anaknya Allah.

Gus Hana melanjutkan, kaum Yahudi adalah orang-orang yang bodoh dalam hal akidah. Bahkan, isi dari kitab taurat diubah oleh kaum Yahudi supaya kitabnya dijual.

“Sungguh celaka orang yang mengganti isi kitab taurat dengan keinginannya sendiri, kemudian menyebarkan bahwa itu dari firman Allah,” sambung Gus Hana.

Adapun isi kitab taurat yang diubah kaum Yahudi di antaranya sifat Nabi Muhammad saw yang semula putih, gagah, diubah menjadi pendek dan hitam. Kemudian hukuman Rajam bagi para pezina yang diganti hanya dengan hukuman jilid.

“Oleh karena itu, kaum Yahudi terkenal suka memberi suap dan menerima suap,” tambahnya.

Diterangkan pula, ketika Nabi Muhammad berkata kaum Yahudi akan masuk neraka, mereka bahkan membantah dan mengira mereka adalah ahli surga.

“Kalau masuk neraka, paling hanya sebentar,” ujar Gus Hana mencontohkan ucapan kaum Yahudi. (sim/adb)

Comments