Halaqoh Santri
Hadirkan Dokter Anak dan Psikolog, RMINU Kudus Harapkan Pesantren Sehat

0
418

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kudus mengadakan Halaqah Santri bertema Pesantren Sehat Indonesia Kuat pada Jum’at besok (4/2/2022). Kegiatan akan berlangsung di Aula Darul Hadlonah Kudus itu, RMINU mengundang para pengasuh pondok pesantren se-Kudus

“Sebagai nara sumber, kami menghadirkan dr. Abdul Hakam M.Si,Med.Sp.A (dokter anak/ketua LKNU Kudus) dan Dyah Citrawati, S.SPsi,M,Si, (Psikolog/ketua Himpsi Kudus). Harapannya, para pengasuh memahami kondisi (santri) pesantren supaya tetap sehat,”jelas sekretaris RMINU Kudus Gus Khifni Nasif kepada Suaranahdliyin.com, Kamis (3/2/2022).

Pengasuh pesantren El Fath el-Islami Ngembalrejo yang biasa disapa Gus Khifni ini menyadari tidak semua pesantren memiliki fasilitas belajar atau penunjang yang layak seperti kesehatan. Sehingga, tidak jarang para santri berbaur lintas usia kumpul menjadi satu.

“Kendati mereka (santri) masih mampu bertahan hidup (survive) dengan kondisi demikian, tetapi kehidupan pesantren semacam ini penting mendapat perhatian,”ujarnya.

Hal lainnya, tambah Gus Hifni, diantara para santri memiliki kondisi psikologis berbeda-beda yang perlu dipahami para pengasuh atau pengurus pesantren. Karenanya, halaqoh ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi pengasuh pesantren agar memahami keadaan psikologis santri.

“Setidaknya, pengasuh tahu bagaimana menghadapi dan memperlakukan para santri dengan berbagai kondisi psikis dan fasilitas pesantren yang berbeda-beda,”harapnya.

Halaqoh yang akan dimulai pukul 13.00 WIB ini juga dalam rangka memeringati hari lahir ke-96 NU. Bakal hadir juga sebagai pembicara, ketua PC RMINU Kudus KH.M.Mujib.(adb/rid)

Comments