Diverifikasi, Lumbung Baca KBPW Bisa Tingkatkan Literasi Masyarakat

0
75
Tim E-numerator dari Dinas Arpus Jateng melakukan verifikasi pada Pengelola Lumbung Baca KBPW.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Tim E-Numerator dari Dinas kearsipan dan perpustakaan (Arpus) Jateng mengadakaj visitasi ke Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW), Rabu (22/9/2022. Mereka melakukan verifikasi lumbung baca pda komunitas budaya di Desa Lau Dawe Kudus tersebut.

Tim E-Numerator Petugas Pendataan Perpustakaan berbasis Wilayah Jawa Tengah, Wulan Rahmawati menyampaikan visitasi di Lumbung Baca KBPW ini bertujuan untuk melakukan pendataan terkait dengan jumlah perpustakaan desa dan taman baca masyarakat (TBM) di Kabupaten Kudus.

“Kami berharap lumbung baca KBPW bisa lebih berkembang terutama dalam penerapan kegiatan-kegiatan inklusi sosial dan peningkatan literasi masyarakat.”ujarnya.

Setelah melakukan visitasi, tim E-Numerator akan menginput data-data setiap perpustakaan desa, termasuk lumbung baca ke dalam aplikasi yang bisa diakses di data.perpusnas.go.id.

“Proses visitasi dan verifikasi dilakukan selama 4 bulan di 70 perpustakaan desa yang ada di Kudus.”jelan Wulan.

“Selanjutnya, kami melakukan input di aplikasi untuk persyaratan administrasi, dan pelaporan ke pusat, hasil verifikasi tersebut akan diperoleh Nomor Pokok Perpustakaan (NPP),”lanjut Wulan.

Pustakawan Lumbung Baca dan Aktivis Panggung Ngepringan, Muhammad Ulul Azmi menyampaikan lumbung baca KBPW memiliki program rutin setiap Jumat sore. Kegiatannya tidak hanya program baca buku tapi juga pengembangan bakat seperti mendongeng, menggambar, desain, fotografi, dan lainnya.

“Harapan ke depan, lumbung baca ini tidak hanya menjadi tempat baca buku saja, tetapi juga wadah untuk mengembangkan skill dan bakat anak-anak dan masyarakat,”tandasnya. (Tias/adb)

Comments