Pelantikan Bersama, PMIi Wonosobo Tegaskan 3 Nilai Fundamental untuk Kader

0
382
Pelantikan pengurus Rayon, Komisariat dan Cabang PMII Wonosobo

WONOSOBO, Suaranahdliyin.com – Pergerakan Mahasiswa Islam  Indonesia (PMII) Kabupaten Wonosobo mengadakan pelantikan, Ahad (28/5/2023). Dalam acara di GOR Poedjiharjo Kampus 2 Universitas Sains Al Qur’an (Unsiq) itu, Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Jawa Tengah melantik bersama kepengurusan Rayon, Komisariat dan Cabang PMII Wonosobo masa hidmah 2023/2024.

Ketua Umum terlantik PC PMIi Wonosobo Lutfi Maftuh menyampaikan ada tiga nilai fundamental yang harus ditanamkan untuk kader PMII Wonosobo.  Pertama, Kader PMII Wonosobo harus bisa memanifestasikan Islam berkebudayaan Islam kerakyatan dalam membangun gerakan PMII Wonosobo.

“Dengan nilai tersebut, PMII harus mampu menjadi kontrol kebijakan-kebijakan di negara, kebijakan yang benar-benar menjamin kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Kedua, Nilai Dasar Pergerakan (NDP) adalah  rumusan nilai-nilai yang diturunkan secara langsung dari ajaran Islam serta kondisi masyarakat dan negara Indonesia.

“PMII sebagai organisasi gerakan mempunyai keberpihakan terhadap rakyat sehingga memiliki kewajiban untuk menjaga kestabilan kondisi sosial,”ujarnya.

Ketiga, lanjut Lutfi, PMII sebagai organisasi kaderisasi harus bisa membangun nalar dan gerakan tersebut dalam tubuh internal organisasi.

“Dengan demikian, PMII tumbuh sebagai motor penggerak yang berkebudayaan dan bervisi kerakyatan.”tandasnya

Selaras dengan hal tersebut, Ketua Umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Jawa Tengah M. Muhamtashir mengatakan PMII harus bisa menjadi episentrum gerakan berdasarkan ruang lingkup dan analisis kuat masing masing pangkalan.

“Setiap Cabang memiliki  karakter, value, nilai yang harus diperjuangkan masing-masing sesuai aspek permasalahannya sehingga harus kita sinergikan dan kita kolaboratifkan dalam gerakan yang efektif, “papar Tashir.

Acara pelantikan dengan mengangkat tema Islam Berkebudayaan Islam Kerakyatan Movement of PMII tersebut ditutup dengan live Mural dari Lembaga Seni Otonom (LSO) PMII Teather Banyu.

Turut hadir dalam pelantikan Polres Wonosobo, Kodim,  Kesbangpol, dan Sekretaris PCNU Wonosobo, dan Wakil Rektor Unsiq yang juga selaku Katib PCNU Wonosobo.(nurul milah/adb) 

Comments