IPNU – IPPNU UNNES Adakan pelatihan Desain Grafis dan Jurnalistik

0
418
Peserta mengikuti pelatihan grafis dan jurnalistik IPNU-IPPNU UNNES

SEMARANG, Suaranahdliyin.com Dalam rangka meningkatkan kreativitas, Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)  Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan pelatihan desain dan jurnalistik, Ahad (28/5/2023).

Pelatihan yang berlangsung di aula lantai 1 Masjid Ulul Albab UNNES ini diikuti seluruh anggota IPNU – IPPNU dan peserta umum.

Ketua PK IPNU UNNES M. Samsul Mu’arif mengatakan bahwa, kegiatan ini diharapkan menjadi suatu pemantik bagi kader dan anggota untuk bisa melek akan pentingnya media sosial sebagai salah satu sarana berdakwah.

“Karena di zaman sekarang tidaklah cukup hanya dengan melaksanakan kegiatan, tetapi juga perlu memberikan informasi yang dikemas melalui desain dan jurnalistik, sehingga banyak dikonsumsi oleh khayalak umum,”ujarnya.

Pada sesi pertama, diisi dengan materi corel draw dengan pembicara Bambang Wiwitono. Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan mengenai pentingnya transisi warna.

“Pada saat kalian membuat desain, usahakan memakai warna yang sesuai. Jika warna yang diberikan itu tidak sesuai, yang melihat juga akan merasa malas dan bosan,” ujar Bambang.

Pada sesi kedua, diisi dengan materi jurnalistik dengan pembicara Nur Laela Masruroh (kontributor media NU Jateng). Sebelum terjun ke sana, ia sudah memulai menulis sejak duduk di bangku SMA di NU online Kendal.

Dalam penyampaian materinya, ia berpesan dalam menulis berita harus mengetahui strata berita, struktur penulisan, dan isi yang harus ada dalam berita.

Setelah pemaparan materi,  di setiap sesi dilanjutkan dengan penugasan. Penugasan yang diberikan yaitu membuat desain pamflet hari lahir Pancasila serta menulis berita kegiatan,

Setelah penugasan selesai, dilakukan pemilihan hasil terbaik dari peserta IPNU maupun IPPNU.(ummay/adb)

 

Comments