GP Ansor Jepara Launching E-Akreditasi

0
319
Sosialisasi aplikasi E-Akreditasi digelar GP Ansor Jepara di Aula LP Ma’arif NU Jepara

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Dalam rangka meningkatkan organisasi yang bersih, dan akuntanbel, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jepara gelar sosialisasi aplikasi E-Akreditasi yang berlangsung di Aula LP Ma’arif NU Jepara, Ahad (13/8/2023).

Ketua PC GP Ansor Jepara Ainul Mahfudh, menyampaikan, bahwa pada tahun ini pihaknya perlu melakukan akreditasi Pimpinan Ranting (PR), karena SK Akreditasi sudah berakhir beberapa bulan yang lalu.

Dikatakannya, proses akreditasi akan dilakukan bulan ini dan akreditasinya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, bedanya modelnya memakai sistem E-Akreditasi. “Akreditasi ini kita desain dengan sistem paperless, artinya tidak menggunakan kertas yang dikirim ke pimpinan cabang,” katanya.

Pihaknya berharap borang akreditasi yang disiapkan oleh Pimpinan Ranting itu cukup satu saja yang lain nanti cukup discan dan upload di media yang disiapkan.

Disampaikan, hadirnya Pimpinan Anak Cabang (PAC) menjadi tangan panjang atau media penyambung proses akreditasi. “Fasilitator kita akan melakukan akreditasi di pimpinan ranting,” lanjutnya.

Ainul mengemukakan, PC GP Ansor Jepara sudah menyiapkan aplikasi sederhana yang nanti akan bisa digunakan oleh seluruh Pimpinan Ranting di Kabupaten Jepara.

“Jadi setiap Pimpinan Ranting punya user satu-satu, tinggal log in lalu uploud borang yang sudah disiapkan. Dan sahabat-sahabat PAC juga diberikan user untuk mengontrol ranting-ranting yang sudah mengirim,” jelasnya.

Meski dilakukan akreditasi pihaknya juga akan mengagendakan visitasi untuk semua ranting, asesor akan hadir ke PAC dan bisa memfasilitasi agar mengundang Pimpinan Ranting. “Kami harap kerjasamanya dengan ketua PAC, karena panjenengan yang bisa membantu kita mensukseskan agenda ini hingga berjalan dengan baik,” harapnya.

Sementara Sekretaris PC GP Ansor Jepara Lukman Ihsanuddin menjelaskan bahwa yang menggunakan aplikasi E-Akreditasi di Jawa Tengah baru GP Ansor Jepara. E-Akreditasi ini diharap menjadi sebuah solusi, karena harus bisa beralih ke mode digital.

“Kalau kita tidak melakukan perubahan dan masih membawa dokumen berjilid-jilid maka tidak akan selesai sehingga perlu memanfaatkan teknologi sekarang,” paparnya.

Berkenaan diundangnya Ketua PAC dan Sekretaris ia menjelaskan setiap PAC ada admin yang bisa memantau perkembangan ranting yang ada di wilayahnya masing-masing. “Pada 15 – 30 Agustus, semua database anggota dan kader, diharapan akan terekam di sini,” ungkapnya. (ka/ qim, adb)

 

Comments