Cucu Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani Beri Ijazah ‘Ammah kepada Nahdiyyin di Lebanon

0
875
Muhadlarah bareng cucu Syaikh Abdul Qodir Jailani

BEIRUT, Suaranahdiyin.com – Pengurus Cabang Istimewa Nahdhatul Ulama (PCINU) Lebanon kedatangan ulama tekemuka asal Turki, yakni Syaikh Muhammad Fadhil Al-Jailani, Jum’at (10/1/2020) kemarin. Kedatangnnya adalah dalam rangka safari dakwah di Lebanon.

Bertempat di Masjid Abdun Naser, bakda Jum’at, Nahdiyyin di Lebanon menggelar pun muhadlarah bertajuk “Manhaj Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani dalam Tafsir dan Tasawufnya”. ‘’Tema ini didasari rasa ingin lebih dalam mengenai sosok Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani, yang terkenal dalam bidang tasawuf, namun belum banyak yang mengetahui kealimannya di bidang tafsir,’’ terang H. Hamid Hadir Lc, Ketua Tanfidziyah PCINU Lebanon.

Syaikh Fadhil Al-Jaelani dalam muhadlarahnya memulai dengan sirah Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani, di antaranya menjelaskan bahwa Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani tidak pernah tidur kecuali dalam keadaan suci (memiliki wudlu). ‘’Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani juga seringkali mengkhatamkan Al-Qur’an dalam salat malamnya hingga menjelang Subuh,’’ ungkapnya.

Dia menambahkan, bahwa kitab karya sang kakek sang kakek (Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani) dalam bidang tasawuf yaitu Al-Fathur Al-Robbani. ‘’Di bidang tafsir, terdapat kitab tafsir al-Jailani yang terdiri atas enam jilid,’’ terangnya.

Mengenai proses pengumpulan manuskrip peninggalan kakeknya itu, jelasnya, membutuhkan waktu cukup lama serta perjalanan ke banyak negara, sehingga bisa mendapatkan jejak-jejak peninggalan Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani.

Foto bersama usai muhadlarah

Di luar itu, Syaikh Muhammad Fadhil Al-Jailani Al-Jailani juga mengaku bangga terhadap Indonesia, serta menceritakan berbagai pengalamannya saat mengunjungi Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara yang memang sering dikunjungi beliau.

‘’Istiqamah lah di jalan ilmu,’’ pesannya kepada Nahdiyyin yang hadir yang kemudian menutup dengan memberi ijazah ‘ammah untuk semua kitab-kitab Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, semua zikir-zikir dan salawat munajat dan membagi pula kitab yang berisi zikir-zikir Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani. (syarif/ adb, ros, rid)

Comments