PCINU Lebanon Ziarahi Makam Syaikh Muhammad Amin Al-Husaini

0
236
Beberapa pengurus PCINU Lebanon foto bersama usai ziarah

LEBANON, Suaranahdliyin.com – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI), PCINU Lebanon menziarahi makam Mufti Agung Palestina, Syaikh Muhammad Amin Al-Husaini di Pemakaman Syuhada Palestina di Beirut, Lebanon.

“Syekh Amin Al-Husaini adalah tokoh yang memiliki peran besar dalam kemerdekaan Indonesia, dalam menyatukan dukungan negara-negara di Timur Tengah agar mengakui kemerdekaan Indonesia, yang akhirnya Indonesia diakui pertama kali secara de jure oleh Mesir dan diikuti oleh Suriah, Lebanon dan beberapa negara Timur Tengah lainnya,” terang Irfan Afendi dari PCINU Lebanon.

Kala itu, beliau memberi ucapan selamat pada Indonesia melalui Radio Berlin dengan berbahasa Arab, saat itu tengah berada di Jerman. Maka secara de facto, Palestina mengakui kedaulatan Indonesia pada 6 September 1944. Padahal, pemberian kemerdekaan Indonesia tersebut masih sebatas janji dari Perdana Menteri Jepang, Kaiso.

Syekh Amin Al-Husaini juga dikenal dekat dengan tokoh muslim Indonesia dan berkenan menyambut kedatangan delegasi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), bahkan sempat berdikusi dengan Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta.

Sosok Mufti Agung Palestina ini tak bisa dilepaskan dari sejarah Indonesia sekalipun tak ikut berjuang di garis depan, dirinya memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia di kancah Internasional.

“PCINU Lebanon berkirim doa kepada Syekh Amin Al-Husaini dan seluruh pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Semoga para pahlawan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah dan semangat kemerdekaan tertanam di generasi selanjutnya,” lanjut Irfan Afendi menambahkan. (Zidan Leslie, mahasiswa Jinan University)

Comments