LAZISNU Kudus Serahkan Hasil Kaleng INUK kepada PCNU

0
832
H. Ihdi Fahmi (putih) menyerahkan dana INUK kepada Ketua PCNU Kudus, Drs. H. Asyrofi Masyitho

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Sebagian dana hasil dari kaleng Infaq Nahdlatul Ulama Kudus (INUK) diserahkan LAZISNU kepada PCNU Kudus. Dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membangun NU Center untuk menyongsong satu abad NU.

Penyerahan dilakukan oleh Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Kudus, H. Ihdi Fahmi Tamami kepada Ketua PC NU Drs. H. Asyrofi Masyito di Aula Ponpes Yanbu’ul Qur’an, Kudus, Jumat (10/01/20) malam. Pada kesempatan itu dana yang diserahkan sejumlah Rp. 11.159.900,-.

“Dana tersebut adalah jumlah 5% dari total keseluruhan kaleng INUK tahun 2019,” papar H. Ihdi Fahmi.

Perlu diketahui kaleng INUK adalah salah satu program LAZISNU Kudus untuk menjaring infaq dari kalangan masyarakat nahdliyin Kudus. Adapun hasil dari kaleng INUK akan dipergunakan untuk pengentasan dan kesejahteraan masyarakat yang dikelola oleh para lembaga dan Banom NU. Prosentase bagi hasilnya pada tahun 2019 yakni 70% untuk PRNU, 15% untuk UPZIS dan MWC, 5% untuk PCNU dan 10% untuk LAZISNU Cabang Kudus.

“Dana-dana tersebut bisa digunakan untuk kegiatan sosial dan operasional organisasi pada masing-masing tingkatan,” jelas H. Ihdi.

Namun, seiring adanya rencana pendirian NU Center, mulai Januari 2020 prosentasi itu berubah menjadi 50% untuk PRNU, 15% untuk UPZIS dan MWC, 20% untuk NU Center dan 15 % untuk LAZISNU Cabang Kudus. Mekanismenya digerakkan oleh Pengurus Ranting didampingi oleh Pengurus Cabang.

“Saat ini, baru sekitar 30% ranting yang menjalankan program tersebut secara baik. Sementara 70% lainnya masih dalam tahap pemberian motivasi dan sosialisasi untuk bisa aktif,” paparnya.

Untuk itu, ia berharap semua pengurus NU mulaid dari tingkatan ranting hingga cabang meyadari pentingnya program INUK ini. Dengan begitu program ini akan bisa berjalan maksimal sehingga masyarakat juga bisa merasakan manfaatnya secara merata.

“Mohon kepada segenap pengurus NU, mari kita bersama besarkan NU, niat khidmah dan melayani masyarakat agar tercipta pemerataan kesejahteraan untuk umat,” pintanya.

Hadir pada kesempatan itu, Rais Syuriyah NU Kudus, KH. M. Ulil Albab Arwani, KH. Maksum AK, Ketua PCNU Kudus Drs. H. Asyrofi Masyitho, Sekretaris PCNU Dr. H. Kisbiyanto, Anggota DPR RI F-PKB Drs. H. Fathan Subchi dan segenap pengurus ranting NU se-Kab. Kudus. (rid, gie/ adb, ros)

Comments