Gandeng Kemenaker, Muslimat – Fatayat NU Pati Latihan IT dan Olah Bandeng

0
122
Pembukaan pelatihan kerja mandiri dari Kemenaker dan Muslimat-Fatayat NU Pati,

PATI,Suaranahdliyin.com – Untuk menyukseskan program tenaga kerja mandiri, Pimpinan Cabang Muslimat dan Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pati menyelenggarakan pelatihan penggunaan media sosial (medsos) dan pengolahan bandeng, Rabu (28/10/2020). Pelatihan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) itu berlangsung secara bersamaan di Kantor PCNU Pati.

Ketua Pimpinan Cabang Muslimat Pati Umi Nanik mengungkapkan kegiatan berisi pelatihan informasi dan teknologi dengan sasaran pengurus pimpinan cabang dan anak cabang Muslimat. Para  peserta dibekali kemahiran dalam mengoperasionalkan berbagai media sosial (medsos) dan pemahaman tentang Undang-Undang ITE.

“Setelah pelatihan itu, diharapkan peserta dapat terampil menggunakan medsos dalam mendukung setiap usaha ekonomi yang dijalankannya dalam keadaan aman dan nyaman. Sehingga mampu mendorong terwujudnya kemandirian ekonomi.”ujarnya.

Terkait pelatihan Olah Bandeng, Ketua Pimpinan Cabang Fatayat Kabupaten Pati Asmonah Yusuf menjelaskan pelatihan merupakan pembekalan penciptaan wirausaha baru melalui usaha olahan bahan makanan dari ikan bandeng. Sasaran peserta melalui seleksi dari yang belum bekerja maupun yang terkena dampak PHK karena pandemi Covid-19.

“Sebagai muslim kita harus kuat aqidah, kuat ilmu, kuat fisik dan kuat ekonomi. Perempuan sebagai tiang negara, maka harus bisa membantu jangan menjadi perempuan yang lemah,”katanya.

Asmonah menambahkan, pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dan sumber daya manusia. Disamping itu sebagai bentuk peningkatan pengetahuan serta sikap ketrampilan dalam mengolah ikan bandeng.

“Para pengolah ikan diharapkan lebih memahami bagaimana cara melakukan pengolahan ikan bandeng. Melalui keterampilan tersebut dapat membuka atau menumbuhkan semacam industri rumah tangga baru.”imbuh istri Ketua PCNU Pati Kiai Yusuf Hasyim.

Dijelaskan, pelatihan juga dimaksudkan untuk membekali peserta akan teori cara-cara proses pengolahan ikan bandeng, persyaratan bahan mentah dan pengolahan ikan bandeng. Disamping itu, juga untuk menangani bahan mentah ikan bandeng dengan baik.

Peserta pelatihan praktek mengolah bandeng

Sementara ditemui saat acara, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pati Kiai Yusuf Hasyim menyambut positif kegiatan Fatayat NU Kabupaten Pati yang menggandeng Muslimat NU. mengharapkan kader Fatayat mampu mengimplementasikan ghiroh untuk maju dan mandiri di tengah suasana pandemi Covid 19.

“Acara seperti pelatihan ini mampu memberikan banyak peluang usaha untuk saat ini yang dituntut kreatif dan inovatif,”ujarnya.

Yusuf mengajak memperkuat kembali sinergitas antara pemerintah dengan Nahdlatul Ulama. Setiap program-program Pemerintah Kabupaten Pati , pihaknya mempersilakan melibatkan NU dan badan otonom.

“kita siap berkolaborasi dengan dukungan penuh dan totalitas mengerahkan setiap elemen yang ada di NU mulai dari ranting yang berada di kelurahan/desa sampai dengan pimpinan cabang/kabupaten, “tandasnya.

Usai acara, peserta pelatihan mendapat bantuan laptop dan printer untuk  pelatihan informasi dan teknologi. Sedangkan pelatihan olahan bahan makanan dari ikan bandeng bantuannya berupa panci presto, alat penggiling daging dan pinset pencabut duri.(fikrul umam/adb)

Comments