Untuk Transparansi, Penilaian KSM Ditampilkan di Website

0
103
Tim Kemenag dan panitia KSM foto bersama usai penutupan

YOGYAKARTA, Suaranahdliyin.com – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi di Yogyakarta pada 20 September lalu, berjalan dengan lancar. Penutupan KSM pada kesempatan itu dihadiri oleh Prof M Isom MAg, direktur pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag).

Upacara penutupan dilaksanakan pukul 16.00 WIB di ruang Ratu Boko El Royal Hotel, Yogyakarta. “Terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja dengan maksimal dalam KSM ini. (Penyelenggaraan) KSM harus senantiasa menjaga integritas, obyektifitas, dan transparasi,” ujar Prof Isom.

Untuk jumlah seluruh peserta pada KSM Tingkat Provinsi ini, adalah 99,35% dari total keseluruhan peserta. Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh masing-masing proktor, beberapa peserta yang tidak hadir karena sakit. Selain itu, ada peserta yang sudah pindah sekolah, sehingga tidak bisa mengikuti KSM tingkat Provinsi ini.

Sementara untuk memenuhi prinsip transparasi hasil KSM, maka penilaian ditampilkan secara keseluruhan di website KSM. “Hasil nilai seluruh peserta ditampilkan di website KSM, agar anak-anak, guru dan orang tua siswa dapat mengakses dengan mudah,” terang Hanif Asyhar, salah satu tim ahli dari UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Dra Nanik Puji Hastuti MSi, pengembang teknologi pembelajaran ahli madya pada Subdirektorat Kesiswaan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI, menyampaikan, peserta KSM Tingkat Provinsi adalah mereka yang telah lolos dari KSM Tingkat Kabupaten/Kota.

“Peserta merupakan peserta berprestasi yang telah berhasil melewati KSM tahap I, yaitu Tingkat kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada 21-23 Agustus lalu,” ujarnya. (rls/ doel, ros, adb, rid)

Comments