Perhatian Mbah Wahab Terhadap Pengembangan Media NU

0
445
KH. Wahab Hasbullah/ Dok: NU Online

Jika ada generasi Nahdlatul Ulama (NU) yang pada era milenial ini kurang menyadari dan kurang peduli dalam hal pengembangan media, maka ‘’belajarlah’’ pada KH. Wahab Hasbullah (Mbah Wahab).

Pada masanya, di mana teknologi informasi belum secanggih seperti sekarang, namun perhatian Mbah Wahab terhadap media massa, khususnya dalam hal pengembangan media NU, sanga besar.

Dalam buku ‘’KH. Wahab Hasbullah: Biografi Singkat 1888 – 1971’’ karya Muhammad Rifai, disebutkan besarnya perhatian dan kesadaran Mbah Wahab akan pentingnya media sebagai media komunikasi, informasi, dan dakwah.

Dalam bukunya itu Muhammad Rifai menulis, Mbah Wahab mengembangkan sebuah media (majalah) setengah bulanan yang diberi nama ‘’Suara Nahdlatul Ulama’’. Dan pendiri NU itu memimpin majalah tersebut sekitar tujuh tahun.

Mbah Wahab juga mendelegasikan Kiai Mahfudz Shiddiq untuk mengurusi ‘’Berita Nahdlatul Ulama’’ dan ‘’Suluh Nahdlatul Ulama’’ di bawah kepemimpinan Umar Burhan; ‘’Terompet Ansor’’ di bawah kepemimpinan Tamyiz Khudlory; serta ‘’Panggah’’, sebuah media berbahasa Jawa yang dipimpin KH. R. Iskandar kemudian digantikan oleh Saifuddin Zuhri. (ros/ adb)

Comments