Pentingnya Pemahaman Khalayak Terkait Gender

0
105
Eni Misdayani/ Dok: SN

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pemahaman akan pengertian dan pemahaman terkait gender dinilai sangat penting, baik laki – laki maupun perempuan. Terlebih bagi yang sudah berkeluarga.

Demikian disampaikan Eni Misdayani SAg MM dalam Focus Grup Discussion (FGD) di Aula Gedung Serbaguna Muslimat NU Kabupaten Kudus, Jum’at (9/4/2021) kemarin.

“Jika kita, keluarga dan lingkungan tidak memahami konsep gender maka akan terjadi ketidakadilan gender,” ujarnya di depan jajaran pengurus dan anggota Muslimat NU Kabupaten Kudus yang hadir.

Tiadanya pemahaman akan gender bisa memunculkan ketidakadilan, jelasnya, karena terjadi ketidakseimbangan, yakni ada posisi yang lemah dan ada posisi yang kuat. “Jika pemahaman gender tidak ada, maka yang lemah bisa jadi kehilangan hak dan perannya,” tuturnya.

Untuk itu, menurutnya, diperlukan pembenahan sudut pandang mengenai gender, lantaran kebanyakan khalayak masih menganggap gender hanya soal wanita, padahal lebih dari itu.

“Perlu disadari, bahwa baik laki-laki dan perempuan, memiliki hak yang sama untuk mengembangkan diri dan sukses dalam berbagai bidang kehidupan,” tuturnya. (ros, gie/ adb, rid)

Comments