Hari Santri Nasional 2023
Meriah, Mlaku Bengi Bareng Santri NU Megawon Kudus

0
1247
Kaum santri mengikuti mlaku bengi yang diselenggarakan PRNU Megawon Jati Kudus

KUDUS,Suaranahdliyin.com Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Megawon, Jati, Kudus mengadakan Mlaku Bengi Bareng Santri, Sabtu malam (21/10/2023). Kegiatan dalam rangka memeringati Hari Santri Nasional (HSN) mengambil start – finish di Gasebo Timur Lapangan Sepakbola desa Megawon.

Mlaku bengi bareng santri diawali dengan menyanyikan lagi kebangsaan dan Yahlal Wathan, dilanjutkan sambutan ketua PRNU dan Kepala Desa Megawon. Dalam acara itu, para peserta membaca salawat Nariyah serta doa untuk para ulama dan santri yang gugur berjuang mengikuti fatwa Resolusi Jihad dari KH. Hasyim Asy’ari serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Ketua PRNU Megawon M.Jamian menyampaikan Hari Santri Nasional merupakan pengingat bagi masyarakat untuk terus berjihad meneruskan perjuangan para santri dan ulama.

“Dulu jihadnya pakai tombak dan bambu runcing, sekarang adik-adik jihad dengan belajar sungguh-sungguh untuk ikut memajukan bangsa dan negara Indonesia,” pesan Jamian.

Sementara itu kepala desa Megawon Nurasag mengucapkan terimakasih pada PRNU Megawon dan Badan Otonom beserta seluruh panitia penyelenggara.

“Luar biasa panitia yang diketuai mas Gunawan ini, mewakili warga Megawon berterimakasih atas peringatan HSN yang sangat meriah,” kata Nurasag.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin KH. Soehartono Rais Syuriah PRNU Megawon yang sekaligus kepala KUA Jekulo. Setelahnya peserta mlaku bengi bareng santri dilepas oleh ketua PRNU dan kepala desa Megawon untuk berjalan  mengelilingi desa Megawon.

Panitia menyediakan hadiah utama tiga buah sepeda gunung dan hadiah lainnya seperti kipas angin, kompor gas, magic com, setrika. Disela pengundian doorprise peserta dihibur oleh penampilan Mega Nada Qosidah grup rebana modern dari Muslimat dan Fatayat NU serta Ibu-ibu PKK desa Megawon.

Tampak ratusan warga Megawon sangat antusias mengikuti kegiatan ini dibuktikan dari 1000 nasi bungkus yang disediakan panitia hanya tersisa puluhan bungkus saja. Seluruh rangkaian kegiatan HSN PRNU desa Megawon dibiayai mandiri oleh donatur dari warga Nahdliyin serta pengusaha di desa Megawon.

Sehari sebelumnya Jumat (20/10/2023) rangkaian peringatan HSN PRNU Megawon diawali dengan Lomba Anak Islami yang diikuti lebih dari 100 santri. Dilanjutkan Istighosah serta pengukuhan Upzisnu Megawon masa khidmat 2023-2025 bertempat di Masjid Al Muttaqin Megawon.(Sumono/Karisa Ani/adb)

Comments