Muwada’ah MANU Banat Kudus
MANU Banat Kudus Lepas 344 Peserta Didik Kelas XII

0
671
Sebagian peserta didik kelas XII MANU Banat Kudus tengah foto bersama usai dilepas,, Ahad kemarin.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Banat Kudus melepas 344 peserta didik kelas XII tahun pelajaran 2021/2022, Ahad (22/5/2022). Acara pelepasan yang dikemas dengan muwada’ah kelas XII berlangsung di halaman MA NU Banat Krandon, Kudus.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah NU Banat Kudus, Shohibul Huda menyampaikan laporan kegiatan madrasah selama setahun ini. Dari program belajar mengajar, Tahfidzul Qur’an, peminatan hingga prestasi yang diraih.

“Selama dua tahun pandemi, namun madrasah ini tetap berprestasi, dari lomba tingkat kabupaten, provinsi, nasional sampai internasional,” kata Huda.

Dirinya menyebutkan, tahun ini meraih 14 kejuaraan internasional, finalis lkti, finalis kompetisi sains muslim Indonesia, dan berbagai event nasional.

Selanjutnya, Huda juga memberikan pesan tigal hal kepada wisudawati yang akan dilepas tahun ini. Pertama, para siswi yang sudah lulus dianjurkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Ingat, tholabul ilmi minal mahdi ilal lahdi (menuntut ilmu sejak dari ayunan hngga liang lahat), long life education (belajar seumur hidup). jangan merasa puas dengan apa yang kita dapat hari ini,”pesan Huda.

Kedua, sambungnya, jaga nama baik almamater madrasah yang telah mendidik muridnya menjadi siswi yang berkarakter islami.

“Jangan sampai setelah lulus dari sini ada komentar atau negatif tentang madrasah ini,” tandasnya.

Terakhir, tetap memegang teguh prinsip dan pesan-pesan yang disampaikan guru kita. Sebab, etika lebih tinggi daripada ilmu.

“Jaga akidah, jaga akhlak kalian, jangan korbankan prinsip demi toleransi. Pesan dari para sesepuh kita, hidup adalah menjaga akidah dan terus berjuang,” tegas Huda.

Acara pelepasan diakhiri dengan mauidhah hasanah Habib Hasan bin Abdurroham Al-Jufri (ketua Rabithoh Alawiyin kota Semarang). Tutur hadir pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Kudus H. Suhadi, wali murid kelas XII dan tamu undangan lainnya. (Sim/adb)

Comments