Buka Luwur Makam Simbah Surgi Nawawi

0
490
Penggantian luwur makam Simbah Surgi Nawawi, belum lama ini

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Warga Dukuh Kedungombo, Desa Buaran, Kecamatan Mayong, Jepara menggelar buka luwur makam Simbah Surgi Nawawi. Penggantian luwur makam telah dilakukan pada malam Jum’at kemarin.

Menurut Kiai Izzul Ma’ali, salah satu tokoh masyarakat setempat, menyampaikan, ada beragam acara yang dilaksanakan dalam rangka haul Simbah Surgi Nawawi. “Selain penggantian luwur makam, para pemuda desa yang dimotori IPNU dan GP Ansor melakukan ziarah ke makam cikal bakal Dukuh Kedungombo ini,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, Kamis sore yang akan datang akan dilakukan ziarah umum, kemudian malamnya digelar khatmil Quran di musala dan masjid yang ada di wilayah Dukuh Kedungombo, Desa Buaran.

“Kemudian esoknya, pada Jum’at yang akan datang, usai Jum’atan, bersama Habib Abdullah Al-Hinduan dan Habib Muhammad Al-Hinduan,” ujar Kiai Izzul Ma’ali menambahkan.

Sementara itu, menurut Kiai Izzul Ma’ali, Simbah Surgi Nawawi adalah cikal bakal Dukuh Kedungombo, yang merupakan adik dari makam Pangeran Puger. “Pangeran Puger adalah tokoh di Kudus, yang makamnya berada di Demaan, Kota, Kudus,” (ros/ adb, rid)

Comments