Lima Hal untuk Terapi Anak dari Kecanduan Gadget

0
264
Talkshow di serambi Masjid Besar Darussalam Jetak, Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, belum lama ini

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pada saat sekarang, banyak anak yang mengalami kencanduan menggunakan gadget, sehingga cukup meresahkan para orang tua. Keresahan itu juga dirasakan oleh pengurus Takmir Masjid Besar Darussalam Jetak, Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu.

Namun menariknya, pengurus Takmir Masjid Besar Darussalam Jetak ini kemudian mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi hampir setiap orang tua itu, dengan menyelenggarakan taklshow bertajuk “Kecanduan Gadget dan Upaya Pencarian Solusi”.

Talkshow yang digelar di serambi masjid pada Sabtu (4/12/2021) lalu itu, menghadirkan dua narasumber, yaitu Kiiai Muhibbin SPdI (ketua Takmir Masjid Besar Darussalam) dan Kaharudin Nafis MPd (praktisi pendidikan).

Kiai Muhibbin, menyampaikan, penggunaan Gadget yang lepas kontrol akan berakibat buruk bagi anak (generasi bangsa). Sehingga menurutnya, wajar jika orang tua resah melihat anak-anaknya bermain gadget tak kenal waktu, bahkan hampir separuh hari tangannya tak bisa lepas dari gadget.

“Bahaya, jika anak-anak sudah kecanduan. Ini akan berpengaruh pada perkembangan fisik dan motorik anak. Maka harus ada solusi konkret, di antaranya harus ada pembatasan penggunaan gadget, dan orang tua harus memberi teladan,” katanya.

Kaharudin Nafis, mengutarakan, bahwa orang tua harus waspada atas penggunaan gadget oleh anak-anak. “Kalau dipakai untuk pembelajaran, harus kita support. Namun jika digunakan untuk hal-hal yang negatif, misal bermain game tanpa batas atau mengakses situs-situs yang berdampak negatif, maka kita tidak boleh kompromi,” tegasnya.

Menyikapi hal itu, lanjutnya, anak-anak harus diberi kesibukan yang positif. “Beri anak kesibukan. Mengaji. Berolahraga, atau yang sejenisnya. Yang penting anak-anak punya kesibukan,” ujar kepala MTs NU Matholiul Huda Kudus itu.

Ustaz Zainuri, ketua Majelis Mudzakaroh Takmir Masjid Besar Darussalam, menjelaskan, bahwa taklshow ini diikuti tak hanya pengurus takmir, juga elemen masyarakat luas antara lain dari perwakilan pondok/ musala, remaja masjid dan organisasi pemuda.

Sedang di pengujung talkshow, dikeluarkan pernyataan moral oleh takmir. Bahwa ada lima hal paling tidak yang harus dilakukan sebagai solusi agar anak tidak kecanduan gadget. Yaitu gerakan mengaji bakdal magrib, gerakan matikan TV dan HP bakdal Maghrib hingga Isya’, memberikan kesibukan positif pada anak, pembatasan penggunan HP oleh orang tua, dan orang tua harus jadi teladan. (rls/ ros, adb, rid, luh)

Comments