Kepengurusan MUI Semarang Dilengkapi Komisi Kesehatan Masyarakat

0
85

SEMARANG,Suaranahdliyin.com – Untuk pertama kalinya, kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Semarang periode 2020 – 2025 dilengkapi dengan Komisi Kesehatan Masyarakat. Sekretaris MUI Semarang KH.Amin Fatah menyamapiakan hal itu dalam rapat pleno dan ta’aruf pengurus paru secara online via zoom, Jum’at (8/1/2021).

“Ini yang berbeda dari periode sebelumnya, Komisi Kesehatan Masyarakar adalah komisi baru untuk menyikapi perkembangan sosial kesehatan masyarakat,”ujar Amin.

Ia menjelaskan komisi ini membidangi hal-hal yang berkaitan dengan khidmah pada umat terutama bidang kesehatan. Dikatakan, komisi kesehatan masyarakat saat ini juga belum ada dalam susunan kepengurusan MUI Pusat maupun Wilayah.

“Komisi kesehatan masyarakat belum ada dalam struktur kepengurusan pusat, ini ikhtiar kita di kota Semarang,”tandasnya

Selain Komisi kesehatan masyarakat, ada satu komisi lain yang dimunculkan dalam struktur kepengurusan periode yaitu komisi informasi, komunikasi dan litbang. Komisi ini akan menjadi back up segala pengembangan IT, kehumasan yang menyesuaikan kekinian,

“Semua platform kita garap, agar MUI Kota Semarang mendunia,”tandas Amin.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kota Semarang sekaligus anggota dewan penasehat MUI Kota Semarang Drs. H Ali Sofyan, MM, Plt. mengharapkan kepengurusan kali ini dapat mengantarkan MUI Kota Semarang lebih bisa merangkul lembaga-lembaga yang berada dibawah naungannya.

“Ada banyak lembaga di bawah naungan MUI, harapannya lembaga-lembaga yang banyak itu itu bisa dibina dengan baik,” tuturnya.

Pihaknya juga siap memfasilitasi kerjasama antara pemerintah kota Semarang dengan MUI kota Semarang sesuai dengan Tupoksi yang ada. “Bentuk-bentuk kegiatan itu akan kita coba komunikasikan dengan bagian Kesra, kira-kira apa saja yang nanti bisa kita lakukan kerjasama,”ujar Sofyan..

Di akhir acara juga diadakan ta’aruf satu persatu mulai dari Ketua Umum, Wakil Ketua, Sekretaris, Komisi-komisi meliputi Komisi Fatwa, Komisi Ukhuwah Islamiyah, Komisi Dakwah, Komisi Pendidikan dan Kaderisasi, Komisi Hukum dan Hak Asasi Manusia, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, KomisiPemberdayaanPerempuan,RemajadanKeluarga, Komisi Kesehatan Masyarakat, serta Komisi Informasi, Komunikasi dan Penerbitan.

Pada kesempatan yang sama juga diperkenalkan akun medsos oleh Komisi Informasi, Komunikasi dan Penerbitan MUI Kota Semarang.mulai channel youtube dengan nama MUI Kota Semarang, facebook @mui smrg dan instagram @mui_kotaatlas. Komisi ini di bawah koordinator Endang Supriadi yang merupakan Dosen Sosiologi FISIP UIN Walisongo Semarang yang mengomandani bidang IT dan informasi.(rls/adb)

Comments