Kata Gus Dur, NU Jangan Hanya Organisasi

0
715
Wakil Ketua PCNU Kudus H. Fajar Nugroho dalam perinngatan Hauul ke-13 Gus Dur di Gebog

KUDUS,Suaranahdliyin.com –Guru bangsa KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah menyampaikan pesan bahwa Nahdlatul Ulama Nahdlatul Ulama (NU) jangan hanya organisasi. Tetapi NU adalah gerakan.

Pernyataan Gus Dur itu disampaikan wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) H. Fajar Nugroho saat menjadi pembicara dalam peringatan Haul ke -13 Gus Dur yang diselenggarakan Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU)  Kec. Gebog bersama Ansor Corner Club (ACC) Kudus di Aula Balai Desa Karangmalang Sabtu (31/12/2022).

H. Fajar menuturkan Gus Dur menyampaikan statemen tersebut dalam acara di Kajen pada tahun 1994 silam. Menurut Gus Dur, ada perbedaan antara organisasi dan gerakan.

“Bila organisasi bisa mati, tetapi gerakan tidak pernah bisa mati,”tuturnya.

Dalam catatan H. Fajar, Presiden RI keempat ini memiliki kecerdasan dan kepedulian yang luar biasa. Gus Dur selalu membela orang kecil dan tertindas.

“Gus Dur pernah mendatangi sidang kasus Marsinah (seorang buruh yang tertindas) di Yogyakarta. Gus Dur membeli tiket sendiri, dan Ini bukti kepeduliaannnya terhadap orang kecil,”tuturnya.

Fajar mengutarakan Gus Dur pernah menerangkan pribumisasi ajaran Islam. Hal ini menunjukkan perlunya membedakan antara islam dengan peradaban Arab.

“Sebesar apapun agama jangan meninggalkana kearifan local atau .budaya.”ujarnya.

Diutarakan Fajar, Gus Dur menekankan perjuangannya melalui pendekatan budaya. Gus Dur, tuturnya, suka memakai batik dan peci hitam sebagai tanda mewakili (budaya) Indonesia.

“Yang dilakukan Gus Dur ini menjadi penerus perjuangan walisongo. Kita tahu kanjeng Sunan kudus melarang anak cucu menyembelih sapi.”imbuhnya

“Itu budaya menarik yang mempesona hati serta menjadi dakwah yang menyejukkan,”sambung Fajar yang pernah dua pekan menginap di rumah Gus Dur.

Dalam peringatan haul ke-13 ini, turut hadir sebagai pembicara Nuruddin Hidayat (pria asal Kudus yang pernah mendampingi Gus Dur).

Acara yang bertepatan malam tahun baru 2023 ini juga dimeriahkan penampilan seni kader muda NU dan music gambus EL-Fazz dari Kudus.(adb/ros)

Comments