Kapolri Lakukan Kunjungan ke Ponpes API Tegalrejo

0
251
Kapolri saat sowan di Ponpes API Tegalrejo, Magelang, kemarin malam/ foto: istimewa

MAGELANG, Suaranahdliyin.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan lawatan ke Jawa Tengah, salah satunya dengan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) API Tegalrejo Magelang, Jumat (24/6/2022) malam.

Kedatangan Kapolri disambut hangat oleh para Pengasuh Ponpes API di antaranya KH M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf). Kapolri datang bersama beberapa Pejabat Utama Polri seperti Irjen Pol Argo Yuwono, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi serta jajaran Polres Magelang dan sekitarnya.

Pertemuan Kapolri dan Pengasuh Ponpes berlangsung di kediaman Gus Yusuf, kompleks Ponpes API Tegalrejo. Canda dan tawa mewarnai suasana pertemuan. Tuan rumah menyiapkan hidangan khas Ponpes, sayur lodeh dan sambel terong.

Dalam perbincangannya dengan Gus Yusuf, Kapolri menyatakan kegembiraannya bisa bertemu para pengasuh Ponpes, agar bisa menyampaikan langsung persoalan-persoalan penting yang dihadapi bangsa.

“Kami sampaikan terima kasih kepada kalangan pesantren telah membantu sosialisasi dan pelaksanaan vaksinasi. Sehingga membuat pandemi dikendalikan dan Indonesia menjadi negara paling berhasil menangani Covid,” ujar Kapolri.

Kapolri juga menyinggung situasi nasional, yang sudah masuk tahun politik. Dia menyatakan suasana kondusif keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menentukan posisi ke depan Indonesia seperti apa. “Jika Kamtibmas kondusif kita bisa memulai recovery ekonomi dengan kembali menarik investor,” tegasnya.

Salah satu faktor penting Kamtibmas bisa kondusif adalah menghilangkan polarisasi akibat politik. Maka Kapolri pun menitipkan pesan kepada Gus Yusuf supaya disampaikan kepada para elite politik, agar pada Pemilu 2024 bisa sama sama menjaga kondusivitas.

Permintaan Kapolri disambut baik Gus Yusuf. Dia mengapresiasi sikap Kapolri yang pro-aktif. Pihaknya selalu siap bersinergi dengan Polri. Bahkan sesungguhnya tanpa dimintapun, para ulama selama ini telah banyak membantu pemerintah dalam semua urusan.

“Saya akan sampaikan kepada para kiai dan juga tokoh tokoh politik, harapan-harapan dari Kapolri ini, terutama soal keamanan dan ketertiban,” katanya. (rls/ ros, adb, rid)

Comments