Jadikan Teater Sebagai “Klinik” di Sekolah

0
483
Tiga dewan Juri Festival Teater Pelajar 2019, sesaat sebelum pengumuman juara, Sabtu (14/12/19)

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Teater bisa jadi wadah pembentuk karakter yang efektif bagi siswa. Perpaduan nilai yang kompleks di dalamnya cukup bisa dijadikan sarana pembangun mental dan jiwa yang sehat.

Hal itu mengemuka dalam Malam Penganugerahan FTP Teater Djarum di GOR Djarum Kaliputu, Sabtu (14/12/19).

“Teater itu seperti klinik, dan guru atau pelatih adalah dokternya,” kata seniman senior asal Lampung, Iswadi Pratama.

Iswadi menambahkan, sebelum ikut teater mungkin anak-anak merasa ada yang malu untuk tampil dihadapan umum. Ada juga yang bahkan merasa tidak bisa berbaur dengan orang lain, merasa tidak bisa apa-apa.

“Tetapi di teater, itu semua bisa diubah. Mental dan karakter yang semula tidak baik menjadi baik, bahkan bisa mendulang prestasi,” jelasnya.

Maka, lanjut dia, jadikanlah teater itu klinik yang bisa menyehatkan lahir maupun batin kita. Apapun prestasi yang diraih dari proses berteater, takaran tertingginya adalah perubahan yang terjadi pada diri kita.

Pada kesempatan tersebut, senior komunitas Salihara itu juga menjelaskan prinsip-prinsip keaktoran. Yakni tentang bagaimana bisa menghadirkan ekspresi yang sebenarnya secara lahir maupun batin.

“Akting itu bukan berpura-pura. Akting yang pura-pura itu disebut mekanis dan itu haram hukumnya. Biasakan juga untuk melakukan riset karena teater itu pelajaran,” sebut seniman yang telah menyutradarai lebih dari 52 lakon ini.

“Berproses di teater harus sungguh-sungguh. Mana mungkin anda menjadi luar biasa kalau jalan yang anda tempuh biasa-biasa saja,” kata dia mengutip ungkapan Imam Abu Hasan Asy-Syadzili.

Sementara itu, aktris Putri Ayudya memberi motivasi agar anak-anak yang beteater tetap baik dalam hal pendidikan akademiknya. Menurut Putri, semua anak teater adalah cerdas dan pandai.

“Jadi tidak ada alasan, sekolahnya harus bagus juga, tugas-tugasnya harus selesai. Jangan sampai terganggu,” ucap Putri. (rid, gie/adb, ros)

Comments