FTP, Investasi Budaya di Masa Depan

0
342
  • Patas dan Bobot Boyong Penghargaan
Penyerahan penghargaan kepada para juara FTP 2019

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Gelaran Festival Teater Pelajar (FTP) Kudus 2019 yang digelar Teater Djarum dan didukung Bakti Budaya Djarum Foundation, telah berakhir. Berbagai kategori kejuaraan telah ‘’mendarat’’ ke tangan pemiliknya.

Kali ini, Teater Bobot (SMPN 1 Kudus) dan Teater Patas (SMAN 1 Bae) berhasil menjadi yang terbaik dan memboyong beragam penghargaan. Bila ditotal secara keseluruhan, Teater Bobot meraih tujuh gelar terbaik FTP Award dan keluar sebagai juara tingkat SMP/MTs.

Di antara kategori terbaik yang mereka raih yakni, aktor utama terbaik, aktris utama terbaik, aktris pembantu terbaik, sutradara terbaik, penata set panggung dan lampu terbaik dan penata musik terbaik.

Di tingkat SMA/ MA, Teater Patas dinobatkan menjadi jawara, dengan meraih total enam kategori terbaik FTP Award dan keluar sebagai juara. Di antara kategori yang diraih, yaitu aktor utama terbaik, aktris utama terbaik, aktor pembantu terbaik, aktris pembantu terbaik, sutradara terbaik, penata rias dan kostum terbaik dan penata musik terbaik.

Penyelenggaraan FTP kali ke-12 tahun ini, pun mendapatkan apresiasi banyak pihak. Salah satunya dari Iswadi Pratama. ‘’Dalam beberapa kesempatan saya sampaikan, penyelenggaraan event seperti (FTP, red) ini, butuh dosis kesintingan yang wajar,’’ katanya.

Statemen yang dilontarkan dengan nada canda dalam Konferensi Pers FTP, ini mengingat bahwa penyelenggaraan FTP, membutuhkan energi yang luar biasa besar untuk mempersiapkannya.

‘’Anda (panitia dan penyelenggara FTP), sudah melakukan sesuatu yang penting bagi bangsa. FTP ini sesuatu yang sangat penting. Investasi budaya di masa yang sangat panjang. Ibarat kita menanam pohon. Pohon tumbuh. Mengeluarkan oksigen. Menyerap karbon dioksida, dan lain sebagainya,’’ katanya. (ros, rid, gie/ adb)

Comments