LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah Sebut Telah Rumuskan Program Jangka Panjang

0
304
Rakerwil LP Maarif NU Jawa Tengah di Semarang, baru-baru ini

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah digelar pada Sabtu (14/12/2019) lalu di Ruang Bima Hotel Sriwijaya, Semarang. Rakerwil dihadiri KH. Arifin Junaidi (Ketua PP. LP Ma’arif PBNU), KH. Muhamad Muzamil (Ketua PWNU), R. Andi Irawan (Ketua LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah), dan para pimpinan teras LP Ma’arif NU di Jawa Tengah.

R. Andi Irawan, menyampaikan, Rakorwil I ini di-setting sederhana dengan tempat sempit, agar semua peserta dapat ‘’intim’’ dan menyatu ruhan wa jasadan. “LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah periode ini fokus pada pengembangan mutu madrasah (sekolah). Semua itu tidak dapat dicapai ketika hanya fokus pada kegiatan seremonial,” katanya.

Dia mengemukakan, program kerja jangka panjang yang telah dirancang, selain personal, juga kelembagaan. “Kami merumuskan program-program jangka panjang, yang insyaallah tidak akan habis atau lekang meski ketua dan jajaran pengurusnya berganti,’’ ujarnya

Dikatakannya, peningkatan mutu, yang pertama harus berangkat dari data. “Tanpa data valid, akan susah memetakan mutu dan sumber daya. Sejak Januari 2019 lalu, kita sudah turba ke untuk mendata madrasah. Kita punya program Sistem Informasi Ma’arif Nahdlatul Ulama (SIMNU),’’ terangnya.

Dari data itu, jelasnya, dapat mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang, potensi-potensi di madrasah dan sekolah. Termasuk, bagaimana merumuskan program strategis untuk peningkatan mutu.

Selain data, lanjutnya, juga dikembangkan sistem online. “Beli batik online. Pembayaran online. E-learning. Konseling online. Termasuk kita menyewakan hosting dan domain untuk madrasah dan sekolah Ma’arif se Jawa Tengah. Alhamdulillah, kita sudah punya data center Ma’arif untuk menguatkan SIMNU,” tuturnya. (ibda/ adb, ros, rid)

Comments