Di UMK, Habib Umar Ingatkan Keistimewaan Al Quran dan Sedekah

0
324
Habib Umar Al-Muthohhar di Masjid Darul ‘Ilmi Universitas Muria Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Banyak keistimewaan yang ada pada Bulan Ramadan, salah satunya adalah diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad untuk pertama kali. Menurut Wakil Mudir Aam Jam’iyyah Ahli at-Tariqah Mu’tabarah an-Nahdliyah, Habib Umar al-Mutohhar peristiwa yang sering disebut Nuzulul Quran itu menjadi momentum istimewa.

“Nuzulul Qur’an adalah momentum istimewa sebab diturunkan kepada Nabi yang istimewa di bulan istimewa dan oleh Malaikat istimewa,” kata Habib Umar dalam peringatan Nuzulul Quran di Masjid Darul ‘Ilmi Universitas Muria Kudus (UMK), Senin (13/05/19).

Habib Umar menjelaskan keistimewaan Malaikat Jibril karena hanya bertugas menyampaikan wahyu, sehingga hanya bertemu dengan para Nabi dan Rasul saja. Berbeda dengan malaikat lain, seperti Malaikat Izroil yang bertugas mencabut nyawa.

”Malaikat Jibril hanya kenal kepada para Nabi. Beda dengan Izroil kenal kita, karena yang nanti mencabut nyawa kita,” katanya.

Tak hanya itu, Al Quran juga diturunkan di kota istimewa, yakni kota Mekah Al Mukarromah. Menurutnya, seluruh umat Islam pasti merindukan kota suci tempat ibadah haji dan unrah itu.

Untuk itu, Habib umar mengingatkan agar rajin membaca Al Quran meski ada yang belum fasih. Hanya saja, bagi orang yang belum fasih tidak diperkenankan untuk mengajarkannya kepada orang lain.

”Membaca Al Quran akan membuat rumah menjadi istimewa,” terangnya.

Selanjutnya, Habib Umar juga mengingatkan pentingnya bersedekah. Terlebih sedekah itu ditujukan kepada anak yatim piatu. Hal itu, kata Habib Umar, juga termasuk bagian mengamalkan isi dari Alquran.

“Nabi Muhammad SAW sendiri menaruh perhatian besar kepada anak yatim,” tuturnya.

Habib Umar lalu memberikan sebuah ungkapan bahwa pager mangkok luweh kuat tinimbang pager tembok (pagar mangkok lebih kuat daripada pagar tembok). Mangkok adalah sebutan orang jawa untuk mengilustrasikan perihal sedekah. Maknanya, kekuatan sedekah yang dikeluarkan akan melindungi seseorang dari segala bahaya yang tidak bisa dilakukan oleh tembok.

“Sedekah bisa menghindarkan dari sakit, pagar tembok tidak mesti bisa. Malah kalau ada gempa tembok bisa saja runtuh mengenai pemiliknya, tapi kalau sedekah justru bisa menyelamatkan,” paparnya.

Maka, lanjut Habib Umar, siapapun orang atau lembaga yang rajin bersedekah pasti akan diberi keselamatan dan kelancaran dalam segala urusan.(agus/luh)

Comments