UKM JQH As-Syauq Gelar Pameran Kaligrafi Kontemporer  

0
963
Pengunjung melihat-lihat pameran

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) JQH As-Syauq IAIN Kudus menggelar pameran kaligrafi kontemporer di GOR IAIN Kudus, Rabu (10/5). Pameran ini diharapkan dapat mengisi literasi visual, khususnya dakwah dan syiar Islam melalui karya seni.

Pameran kaligrafi kontemporer ini diikuti oleh para kaligrafer muda di Kudus yang notabene masih mahasiswa. Beragam jenis kaligrafi yang ditampilkan menyajikan seni visual kaligrafi yang unik, namun tetap memiliki makna-makna visual terkait dakwah Islam.

Terdapat puluhan karya kaligrafi yang melampaui gaya kaligrafi klasik pada umumnya. Sesuai dengan namanya, kontemporer artinya gaya kaligrafi yang lebih fleksibel dan elok. Pameran kaligrafi mahasiswa Kudus ini, merupakan rangkaian peringatan Hari Lahir (Harlah) UKM JQH Asy-Syauq ke-27

Panitia pameran kaligrafi, Anita Salsabila mengatakan pameran kaligrafi ini bertujuan untuk mengapresiasi para kaligrafer muda supaya lebih semangat dan tertarik dalam menggelar pameran. Ada sebanyak 22 kaligrafi yang ditampilkan di antaranya kaligrafi lukis, kaligrafi naskah, kaligrafi dekorasi, kaligrafi kontemporer, kaligrafi digital dan kaligrafi 3D.

“Kaligrafi saat ini juga perlu dikenalkan lewat digitalisasi dan visualisasi modern. Kaligrafi sebagai bagian dari peradaban Islam perlu didorong untuk menjadi media dakwah yang mengikuti perkembangan zaman. Kaligrafi juga bagian dari syiar Islam, kami mengajak anak-anak muda supaya bisa mengekspresikan dakwah lewat seni,” ungkapnya.

Karya-karya kaligrafi di tata apik di arena pameran

Dia berharap, pameran ini dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat Kudus untuk lebih mencintai kaligrafi, dan menghargai bagaimana seni kaligrafi dapat bersaing dalam dunia seni rupa kontemporer. “Pameran terbuka untuk umum,” lanjutnya menambahkan. (sim/ ros, rid, adb)

Comments