Untuk Kuatkan Karakter Religius
SMAN 3 Semarang Gelar Specta Religion

0
246
Gelaran Spectra Religion di SMAN 3 Semarang, belum lama ini

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Untuk menguatkan karakter religious peserta didik, SMA Negeri 3 Semarang menyelenggarakan Specta Religion (25/8) yang diikuti ribuan siswa kelas X, XI, dan XII. Menurut Kepala SMA Negeri 3 Semarang, Drs H Yuwana MKom. Salah satu program baru pada 2023 di SMA Negeri 3 Semarang, ini dilaksanakan setiap Jumat.

Selain Specta Religion, juga ada Specta Sport, Specta Charity, Specta Ecolife, Specta Literacy dan Specta Nutrition, yang seluruhnya tergabung dalam satu program bertajuk Smaga Specta Friday.

Khusus untuk Specta Religion, diselenggarakan sesuai agama masing-masing peserta didik. Untuk yang beragama Islam, di Masjid Ahlul Jannah. Peserta didik yang Kriten di ruang Kristen. Bagi yang beragama Katolik di ruang Katolik. Sedang untuk yang Hindu dan Buddha, dilangsungkan di ruang perpustakaan.

Menurut Dr Hery Nugroho MSi, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang didampingi guru PAI yang lain, Maskur, Muslimah, dan Rohman, dalam Specta Religion peserta didik diajak untuk bershalawat, muraja’ah, salat dhuha, dzikir, doa, dan penguatan karakter.

“Ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik, bahwa untuk meraih kesuksesan, tidak cukup dengan cerdas secara intelektual saja, juga dibutuhkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kemudian dalam implementasi kehidupan sehari-hari, peserta didik diharapkan bersama-sama menebarkan Islam rahmatan lil aalamiin,” katanya.

Diharapkan setelah mengikuti Specta Religion, terang Dr Hery Nugroho, peserta didik yang muslim setiap hari terbiasa membaca al-Quran, salat dhuha, berdzikir, dan berdoa baik di sekolah maupun di rumah.

“Peserta didik yang memiliki HP, jangan hanya diisi dengan media sosial saja, juga harus ada aplikasi Al-Quran. Agar di manapun dan kapan pun, terbiasa membaca al-Quran setiap hari,” lanjutnya menambahkan.

Specta Charity

Usai gelaran Specta religion, menurut Muslimah, diselenggarakan Specta Charity untuk peserta didik kelas X, XI dan XII yang dilaksanakan secara bergiliran perjenjang, setiap jumat. “Bentuknya, anak yang mampu, membawa makanan atau minuman dari rumah, kemudian diletakkan di almari yang disediakan oleh sekolah. Setelah itu, jamaah salat Jum’at di Masjid Ahlul Jannah dapat mengambilnya. Ini tujuannya melatih peserta didik peduli terhadap sesama,” katanya.

Sedang guru Pendidikan Agama Kristen, Martalena BR Gultom, didampingi guru Pendidikan Agama Katolik, Anastasia Verawati, menyambut gembira adanya Specta religion dan Specta Charity di SMA Negeri 3 Semarang. “Program ini sangat bagus dan bermanfaat. Saya berharap, ini bisa dilanjutkan untuk periode selanjutnya,” ujarnya. (rls/ ros, rid, adb)

Comments