Pengabdian Masyarakat di Malaysia, Dosen BKPI IAIN Kudus Kenalkan Platform Layanan Konseling Gratis My Counselor

0
438
Dosen IAIN Kudus M. Nur Ghufron (baju kotak) menemui pekera migran di Malaysia

KUDUS,Susranahdliyin.com – Dosen Program Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) iAIN Kudus M. Nur Ghufron melakukan pengabdian berbasis kesehatan mental yang dilaksanakan di Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia.Selasa (11/7/2023).

M. Nur Ghufron menyampaikan pengabdian ini bergerak dalam bidang kesehatan mental yakni pemberian sosialisasi mengenai pentingnya menjaga  kesehatan mental.

“Kemarin kita mendapatkan sambutan yang luar biasa dari bapak dan ibu migran yang berada di Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia”. Imbuh pria yang juga Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus.

Kepala Prodi BKPI IAIN Kudus Khilman Rofi Azmi mengatakan sosialisai yang dilakukan Nur Ghufron diantaranya memberitahukan kepada  para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di Kuala Lumpur Malaysia untuk memanfaatkan aplikasi My Counselor sebagai produk dari Prodi BKPI.

“Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran dari migran mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental.”terangnya.

Rofi Azmi menjelaskan program pengabdian ini rencananya akan menjadi program tahunan dari Prodi BKPI. Nantinya program pengabdian ini tidak hanya di level nasional tetapi juga internasional, dengan di fokuskan kepada peningkatan kesehatan mental pada para pekerja Migran Indonesia.

“Kesehatan mental untuk para Pekerja Migran Indonesia itu menjadi isu yang sangat penting”. Imbuhnya.

Dekan BKPI ini menambahkan mengenai pengabdian ini agar bisa dilaksanakan kembali di negara – negara lain dengan tingkat pekerja migran dari Indonesia yang lebih tinggi.(nhy/adb)

Comments