Haul Mbah Mutamakkin
Inilah Rangkaian Acara Peringatan Haul Mbah Mutamakkin Kajen

0
1613
makam Mbah Mutamakkin Kajen

PATI,Suaranahdliyin.com – Tahun ini, peringatan haul Syech Ahmad Mutamakkin (Mbah Mutamakkin) desa Kajen Margoyyoso Pati yang biasa diadakan 10 Muharram akan berlangsung pada 28 Juli 2023 mendatang di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati. Saat ini, panitia haul sudah mulai mempersiapkan sejumlah rangkaian kegiatan.

Berdasarkan pengumuman nomor: 04/I/P-HAUL/YMAM/VI/2023 yang dirilis pannitia, peringatann haul Mbah Ahmad Mutamakkin bakal  diselenggarakan selama sepekan 24-28 Juli 2023.

“Sejauh ini persiapan sudah sekitar 50% dari persiapan runtutan kegiatan-kegiatan, baik kegiatan ibu-ibu PKK ataupun kegiatan panitia yang lainnya. Harapan dari Panitia ya insyaallah bisa seramai tahun lalu,”ujar panitia perlengkapan dan Konsumsi Haul Syekh Ahmad Mutamakkin, Pungky Ilham, Senin (10/07/2023).

Pungki menjelaskan peringatan haul akan diawali pembukaan Mudarosah Al-Qur’an Bil Ghaib yang akan diadakan pada Senin Legi  (2/7/2023) pukul 20.00 WIB, Selasa Pahing tanggal 25 Juli 2023 pukul 13.00 WIB Walimah Takhtimul Qur’an Bil Ghaib dan malamnya Burdah pukul 20.00 WIB. Pada hari Rabu Pon (26/7/2023) 2023 pukul 20.00 WIB tahlil Muqoddimah, sedangkan pada hari Kamis Wage (27/7/2023) acara membuka selambu atau lelang selambu di makam Syekh Ahmad Mutamakkin pukul 08.00- selesai,

“Kemudian ada Tahlil Haul, Pengajian Umum dan Takhtimul Qur’an Binnadhor yang biasanya diselenggarakan di dua tempat yaitu di makam Syekh Ahmad Mutamakkin dan Masjid Jami’ Kajen pada pukul 19.00- selesai.”terangnya.

Pada acara haul Syekh Ahmad Mutamakkin juga menggelar kirab budaya (28/7/2023) . Kirab budaya ini tidak hanya diramaikan oleh warga desa Kajen itu sendiri, melainkan juga para santri-santri dan sekolah-sekolah yang ada di Kajen seperti Perguruan Islam Mathali’ul Falah, Al- Hikmah Kajen, Cordova, Salafiyah dan lainnya.

“Selain itu dilaksanakan juga Manaqib Penutup di makam Syekh Ahmad Mutamakkin pada jam 19.00- selesai.”imbuh Pungki.

Sebagaimana diketahui,  Mbah Mutamakkin” merupakan sosok waliyullah di tanah Jawa lebih tepatnya di desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati.

Secara silsilah, Mbah Mutamakkin masih keturunan Sultan Hadiwijaya alias Jaka Tingkir. Dari ayah R. Sumohadinegoro dan ibu Putri Raden Tanu Tuban, Syekh Ahmad Mutamakkin lahir dengan nama kecil Raden Sumohadiwijaya/Hadikusuma.

Haul Mbah Mutamakkin adalah salah satu Haul terbesar dan termeriah di kabupaten Pati, yang biasanya diikuti oleh seluruh peziarah dari penjuru Nusantara. (Umi Maghfiroh, Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam IPMAFA Pati)

Comments