Tetap Senang Kendati Belum Berhasil Melihat Hilal

0
200
Tim rukyatul hilal LFNU Kabupaten Kudus dan Ma’had Aly TBS Kudus foto bersama usai melakukan persiapan rukyat, kemarin

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Kendati belum berhasil melihat hilal secara langsung, namun Dary Zaulchanif Ihsan tetap merasa senang, lantaran memiliki pengalaman berkesan dalam proses rukyatul hilal jelang Ramadan.

Hal tersebut diungkapkan mahasantri Ma’had Aly TBS Kudus asal Temanggung, usai mengikuti rukyatul hilal yang baru pertama kali diikutinya, Senin (12/4/2021) kemarin.

“Ini pengalaman yang luar biasa,” katanya kepada Suaranahdliyin.com usai mengikuti pengamatan (rukyat) hilal yang diselenggarakan oleh Lembaga Falakiyah NU Kudus bekerja sama dengan Ma’had Aly TBS Kudus.

“Saya semakin semangat untuk mempelajari ilmu falak. Saya baru duduk di semester dua. Pasti ke depan lebih banyak ilmu menarik yang bisa dipelajari terkait falak,” imbuhnya.

Dia pun mengaku terkesan mengikuti rukyatul hilal. “Melihat hilal itu berhubungan dengan senja. Dan saya sangat menyukainya. Meskipun kali ini belum dapat melihat hilal secara langsung, tak apalah. Semoga praktik-praktik berikutnya bisa melihat hilal langsung,” ujarnya.

Fika Afhamul Fuscha, alumni Madrasah TBS Kudus yang ikut serta dalam pengamatan hilal merasa bersyukur karena rukyat kali ini cuacanya cerah. “Saya masih bersyukur, karena banyak laporan di Jakarta dan wilayah lain banyak menemukan kendala, mendung bahkan hujan,” ujarnya.

Sementara itu, hari ini umat Islam telah mulai melaksanakan puasa Ramadan. PBNU sendiri, kemarin usai rukyatul hilal dilakukan oleh jajaran Lembaga Falakiyah NU di seluruh Indonesia dan jaringannya, setelah ada beberapa laporan tim rukyat melihat hilal, mengeluarkan ikhbar No 4105/C.I.34/04/2021, bahwa Ramadan 1442 H / 2021 M jatuh pada Selasa (13/4/2021). (ahmad fakhruddin/ adb, rid, gie)

Comments