Sosialisasi Empat Pilar
Drs. Fathan Jelaskan Penerapan Nilai Pancasila Jaga Kesehatan

0
793
Sosialisasi Empat Pilar Drs. H. Fathan Subchi di Desa Kramat, Dempet, Demak

DEMAK, Suaranahdliyin.com – Masa new normal mengharuskan masyarakat agar disiplin menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Kebiasaan seperti mengenakan masker, jaga jarak dan cuci tangan harus digaungkan dengan nilai gotong royong agar semua bisa sadar untuk memutus rantai penyebaran virus.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota MPR RI Drs. H. Fathan Subchi dalam acara sosialisasi empat pilar di Masjid Baiturrahman, Desa Kramat, Dempet, Demak, Sabtu (05/12/20). Menurut Fathan, nilai-nilai empat pilar NKRI bisa diterapkan dalam mengedukasi masyarakat perihal disiplin protokol kesehatan.

“Utamanya, nilai kemanusiaan yang adil dan beradab serta nilai keadilan sosial harus menjadi landasan kita dalam bekerja di masa pandemi ini,” ujarnya.

Ia memberikan contoh penerapan nilai-nilai tersebut seperti saling tahu diri untuk saling menjaga. Baik itu di tempat kerja, di rumah, di tempat ibadah, di pondok pesantren, dan di manapun. Begitu juga kepada siapapun, utamanya saling menjaga kepada tokoh agama, kiai kampung dan masyarakat.

“Peran tokoh agama seperti kiai dan bu nyai kampung, tokoh pemuda dan pelajar seperti IPNU-IPPNU, karang taruna dan lainnya juga sangat penting dalam mengedukasi masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan di mana pun,” papar Fathan.

Pada kesempatan itu, Fathan mengajak untuk merefleksikan kondisi NKRI di masa pandemi. Ekonomi dunia mengalami kelambatan termasuk di Indonesia, oleh sebab itu terus pupuk kecintaan kita kepada tanah air dgn saling membantu di antara sesama.

“Untuk itu, mari saling bergotong royong, bahu membahu dengan terus patuhi protokol kesehatan, berdoa kepada Tuhan agar kita kuat dan lulus ujian,” kata dia. (rls/rid)

Comments