Sosialisasi Empat Pilar, Fathan Minta Warga Kuatkan Mental Agamis-Nasionalis

0
219

 

(Dok. Sosialisasi Empat Pilar MPR RI)

DEMAK, Suaranahdliyin.com – Menyambut bulan suci Ramadan, Sekretaris F-PKB DPR RI Drs. H. Fathan Subchi meminta supaya warga menguatkan mentalitas agamis-nasionalis. Hal itu ia ungkapkan dalam Sosialisasi Empat Pilar di Ponpes Al-Marom Mandung, Demak, Senin (05/04/21).

Menurut Fathan, mental religius masyarakat Demak sudah teruji dan tidak perlu diragukan. Mengingat sejarahnya Demak merupakan cikal lahirnya kerajaan Islam di Indonesia. Namun, religius saja tidak cukup, pemahaman mengenai nasionalisme harus dikuatkan. Tujuannya agar mentalitas masyarakat terbentuk sebagai pribadi yang agamis dan nasionalis.

“Modal mentalitas agamis dan nasionalis ini lah yang sejak dulu jadi kekuatan bagi para founding fathers NKRI dalam perjuangan kemerdekaan dan peletakan dasar negara,” tutur Fathan.

Selanjutnya, Fathan juga mengatakan bahwa Ramadan merupakan momentum yang baik untuk mengingat perjuangan meraih kemerdekaan. Seperti diketahui bersama, Proklamasi Kemerdekaan RI bertepatan dengan tanggal 9 Ramadan 1364 H. Oleh karena itu, selain kita memperbanyak ibadah mahdlah di bulan Ramadan, hendaknya juga kita berbuat sesuatu yang lebih baik untuk bangsa dan negara.

“Sebagai contohnya misal kita mengirimkan doa kepada para pejuang kemerdekaan dan mengadakan bakti sosial yang tidak memberatkan. Itu contoh agamis-nasionalis,” ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR RI ini.

Pada kesempatan itu, Fathan juga menerangkan secara rinci mengenai makna dan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945 dan pilar kebangsaan lainnya. Beberapa warga juga melakukan dialog interaktif dan tanya jawab tentang empat pilar dan kebangsaan. (rls/rid)

Comments