Sosialisasi Empat Pilar, Fathan Kutip Falsafah Sunan Kalijaga

0
79
(Dok. Panitia)

DEMAK, Suaranahdliyin.com – Falsafah kasunanan menjadi salah satu spirit yang bisa diteladani untuk meningkatkan nasionalisme masyarakat. Utamanya bagi masyarakat Demak yang dikenal sebagai kota wali.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Drs. H. Fathan Subchi dalam acara Sosialisasi Empat Pilar di Kecamatan Wonosalam, Demak, Rabu (17/03/21).

Fathan mencontohkan sebuah falsafah Hamemayu Hayuning Bawana yang dimaknai sebagai tuntunan untuk merawat kehidupan dunia. Selain itu ada pula falsafah Urip Iku Urip dari Sunan Kalijaga yang melegenda.

“Falsafah tersebut juga bisa digunakan sebagai spirit pelaksanaan Empat Pilar bagi NKRI,” katanya.

Menurut Fathan, masyarakat Jawa zaman dulu selalu memiliki cara tersendiri untuk mencintai tanah airnya. Mereka memiliki semangat yang teguh untuk memberikan segala daya serta upaya untuk kehidupan yang baik dan ideal.

“Bahkan tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk sekitarnya, untuk bangsa dan negaranya,” ujar Fathan.

Selanjutnya, Fathan menautkan spirit tersebut dengan sejarah munculnya Pancasila oleh para founding fathers NKRI. Para tokoh mulai dari Bung Karno hingga KH. Wahid Hasyim dan diteruskan oleh Gus Dur mendalami falsafah Jawa dalam upaya perjuangan membangun Indonesia.

“Generasi muda sekarang jangan sampai lupa akan falsafah yang seperti itu agar hidupnya lebih terarah,” sebutnya.

Ia kemudian berharap agar para generasi muda bisa menyerap nilai-nilai baik dari falsafah Islam Jawa dan Walisongo sebagai modal untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia. (rls/rid)

Comments