Sosialisasi Empat Pilar di Pelosok Desa, Fathan : Pemerataan Hak Warga Negara

0
81

DEMAK, Suaranahdliyin.com – Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPR RI Fathan Subchi kembali menggelar sosialisasi empat pilar di pelosok desa. Kali ini ia mengunjungi Desa Candisari, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak untuk memberikan materi tentang Empat Pilar NKRI itu.

Dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan jaga jarak, sosialisasi tersebut membahas pentingnya warga negara dalam merawat kebhinekaan, persatuan dan kesatuan NKRI. Salah satu bukti keseriusan untuk merawat itu semua, kata Fathan, bisa dengan cara saling memenuhi hak dan kewajiban masing-masing orang.

“Seperti sekarang, adanya sosialisasi empat pilar di desa ini menjadi salah satu wujud pemerataan hak edukasi. Supaya tidak ada kesenjangan pemahaman antara warga desa dan kota perihal kebangsaan dan Keindonesiaan,” ujar Fathan, Rabu (05/05/21).

Menurut Fathan, hubungan yang terus dirawat, antara pemerintah dan rakyat, dari hulu ke hilir, merupakan sebuah keniscayaan demi terwujudnya kemakmuran. Yang tidak kalah pentingnya, yaitu terlaksananya nilai, norma dan aturan yang telah tertuang dalam UUD 1945 agar negara ini bisa teratur, maju dan berkembang.

“Maka, komunikasi harus terus dijalin, antara pemerintah legislatif maupun eksekutif dengan rakyat, di tingkatan manapun. Saling memberi masukan, aspirasi dan dukungan agar kebijakan bisa sesuai dengan kebutuhan warga secara keseluruhan,” ungkap Fathan.

Pada kesempatan itu, Fathan juga mengingatkan tentang pemahaman nilai-nilai Pancasila supaya bisa dijadikan sebagai pedoman hidup. Bagaimana idealnya sebagai warga negara bisa hidup beragama, saling gotong royong, memiliki watak tenggang rasa, bermusyawarah hingga bersikap adil antar satu dan lainnya.

“Penting bagi kita untuk memahami itu secara menyeluruh agar ada satu kesepakatan, satu visi yang mantap untuk membangun Indonesia yang kita harapkan,” kata dia. (rls/rid)

Comments