Rakerancab 2, PAC Ansor Dawe ‘Gercep’ Program Kerja

0
1366
Rakerancab 2 PAC Ansor Kecamatan Dawe
  • Rintis Brand Kelompok Usaha dan Pemberdayaan Petani Muda

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Kader Ansor Muria Raya (sebutan untuk Ansor Dawe) diinstruksikan untuk siap gerak cepat (gercep) untuk mewujudkan program kerja yang belum berjalan pada paruh periode kepengurusan. Hal itu disampaikan oleh Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Dawe, Saifuddin Mukhtar Ali dalam Rapat Kerja Anak Cabang (Rakerancab) jilid 2 di Musala SMK NU Manbaul Falah, Desa Piji, Dawe, Kudus, Ahad (23/02/2020).

“Sudah bukan lagi saatnya setengah kopling, program yang belum terlaksana harus segera tancap gas dalam satu tahun ke depan,” ungkap Saifuddin kepada peserta Rakerancab 2.

Beberapa program prioritas yang akan ditindak lanjuti dalam waktu dekat diantaranya bergelut dibidang pemberdayaan ekonomi, pertanian, dan dakwah. Selain itu, pada Ramadan nanti Ansor Muria Raya juga bakal menggelar acara buka bersama 5.000 kader Ansor-Banser dan menghadirkan istri KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yakni Ibu Dr. (HC). Sinta Nuriyah Wahid.

“Semua program dan agenda besar itu tentu membutuhkan kerja sama yang terstruktur supaya bisa terlaksana secara maksimal,” paparnya.

Di bidang ekonomi kreatif, lanjut Saifuddin, Ansor Dawe kini tengah merintis brand usaha bersama yang akan diisi oleh kader-kader Ansor-Banser. Sementara brand tersebut masih bergerak di bidang usaha catering yang dikelola oleh salah satu kader dengan sistem bagi hasil.

“Namanya KURMA, kepanjangannya Kreasi Usaha Bersama Ansor Muria. Ke depan brand itu akan dikembangkan kepada usaha lainnya sehingga menjadi besar. Jadi, kader-kader Ansor yang memiliki usaha sampingan bisa menjual produknya dengan brand tersebut,” jelas Sekretaris Himasal Kudus ini.

M Nurul Hakim (pegang mic) dalam Rakerancab 2 PAC Ansor Kecamatan Dawe

Di bidang pertanian, Ansor Muria Raya juga tengah mengembangkan wisata agroedukasi dan pemberdayaan petani muda. Menurut wakil ketua bidang perekonomian, M Nurul Hakim, potensi Ansor Muria Raya dalam bidang pertanian sangat besar. Hal itu tidak lepas dari kondisi wilayah Kecamatan Dawe yang dipenuhi area persawahan dan perkebunan.

“Minggu ini akan segera kami tindak lanjuti untuk mendorong petani-petani muda agar lebih kreatif dan bisa memproduksi hasil tani yang unggul dan bernilai jual,” ujarnya. (rid/adb, ros)

Comments