Prof. Imam Taufiq Rektor UIN Walisongo Semarang

0
889
Pelantikan Prof. Imam Taufiq sebagai Rektor UIN Walisongo Semarang oleh Menag H. Lukman Hakim Saifuddin. Pada kesempatan itu Menag juga melantik Prof. Dr. Hamdan Juhanis MA sebagai Rektor Alauddin Makasar dan Prof. Dr. Mahmud MSi sebagai Rektor UIN Sunan Gunungjati Bandung.

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Prof. Dr. Imam Taufiq M.Ag resmi menjabat Rektor UIN Walisongo Semarang Periode 2019-2023 menggantikan pendahulunya, Prof. Dr. Muhibbin M.Ag. Ia dilantik oleh Menteri Agama (Menag) H. Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa (23/7/2019) di Operation Room Kemenag RI Jl Lapangan Banteng Barat 3/4 Jakarta Pusat.

Selain melantik Prof. Imam Taufik, Menag juga melantik Prof. Dr. Hamdan Juhanis MA sebagai Rektor Alauddin Makasar dan Prof. Dr. Mahmud MSi sebagai Rektor UIN Sunan Gunungjati Bandung.

Prof. Imam Taufiq merupakan dosen kelahiran Jombang 31 Desember 1972. Sebelumnya ia menjabat Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan. Ia juga aktif sebagai Sekretaris MUI Jateng 2015-sekarang, Sekretaris IPHI Jateng 2018-sekarang, dan Wakil Katib Syuriyah PWNU Jateng 2014-2018.

Ia pernah mengikuti berbagai pelatihan di luar negeri, antara lain di Belanda, Austria, Singapura, Thailand, Australia dan India. Sehari-hari suami dari Dr Arikhah MAg juga menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Besongo Darul Falah Ngaliyan Semarang.

Usai melantik, Menag H. Lukman Hakim Saifuddin berpesan untuk mengembangkan UIN dan memahami eksistensi PTKIN dalam konteks keindonesiaan. Menag juga berharap bahwa kampus UIN harus semakin berkembang dan maju.

“Perguruan tinggi keagamaan harus menjaga Indonesia yang agamis dengan jalur moderat atau wasathiyyah” tegasnya. ‘’Kampus agama tidak boleh lepas dari lima budaya kerja Kemenag, yakni integritas, profesional, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan,’’ lanjutnya dalam pelantikan yang di antaranya dihadiri M Nur Kholis Setiawan (Sekjen Kemenag) dan Prof. Kamarudin Amin (Dirjen Pendis Kemenag). (rls/ adb, ros)

Comments