Pencerahan Ramadan NU Kota Malang Dibuka dengan Bedah Buku KH Masjkur

0
251
Pembukaan Penceraham Ramadan oleh PCNU Kota Malang, baru – baru ini

MALANG, Suaranahdliyin.com – PCNU Kota Malang menyelenggarakan “Pencerahan Ramadan  1443 H” di bulan suci ini. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Ramadan, yang akan berakhir pada 26 April mendatang, sebagai pengisi waktu sebelum berbuka atau setelah berbuka dengan kajian yang bermanfaat.

Pencerahan Ramadan 1443 H dibuka dengan bedah buku KH Masjkur di Masjid Sabilillah Kota Malang, dengan menghadirkan Prof Dr KH Kasuwi Syaiban (ketua tim pengusulan gelar pahlawan bagi Kiai Masjkur).

Prof Kasuwi, menyampaikan, KH Masjkur merupakan sosok pejuang yang sangat luar biasa. Beliau adalah pahlawan dari Singasari, yang pada gilirannya kemudian dikenal sebagai tokoh negara, sebagai menteri agama dan juga bagian dari perumus tap MPR tahun 1978.

“KH Masjkur adalah Pahlawan Nasional dari Malang yang patut menjadi teladan kita semua. Beliau berjuang untuk Islam dan Indonesia. Bergerilya melawan penjajah, serta berkontribusi besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” terang guru besar Universitas Merdeka itu.

Gus Mujib, ketua panitia Pencerahan Ramadan, mengutarakan, dalam gelaran tersebut akan diisi pula dengan beragam kegiatan, seperti diskusi, pasar murah, pengobatan gratis, serta buka puasa bersama.

“Ini agenda rutin PCNU Kota Malang yang jangkauannya lebih luas. Tidak seperti tahun sebelumnya yang hanya diisi pengajian saja. Tahun ini, selain pengajian, juga ditambah kegiatan lain yang bermanfaat,” paparnya.

Dia mengemukakan, untuk pasar murah dan pengobatan gratis, digelar di lima kecamatan atau masing-masing MCW NU. “MWC NU sebagai koordinator, dibantu oleh PAC Muslimat, GP Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU, dan terutama NU Care,” tuturnya. (dini/ adb)

Comments