Pilkades Serentak, PCNU Kudus Imbau Warga Utamakan Adab

0
714
Manaqiban Jelang Pilkades di Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades) haruslah menjadi ajang silaturahim dan pendidikan demokrasi yang sehat bagi warga. Semua elemen harus saling bahu membahu untuk menjaga ketertiban dan adab agar terhindar dari kekacauan dan perpecahan.

Demikian itu beberapa inti dari imbauan PCNU Kudus merespons diadakannya Pilkades serentak di 115 Desa di Kabupaten Kudus, Selasa (19/11/19).

Sekretaris PCNU, Kisbiyanto, mengutarakan perbedaan pilihan calon jangan sampai membuat renggang persaudaraan, apalagi hingga memutuskan silaturahim. “Setiap calon rata-rata merupakan warga desa itu sendiri, artinya masih ada hubungan saudara atau tetangga. Maka harus tetap guyub dan rukun,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dosen IAIN Kudus ini mengajak kepada tokoh masyarakat, lembaga sosial, keagamaan maupun tenaga kependidikan agar ikut berperan aktif. Utamanya untuk menciptakan suasana yang sejuk dan sumringah.

“Tokoh-tokoh tersebut hendaknya mengajak warga untuk menggunakan hak pilihnya dengan hati yang lapang. Sehingga siapapun yang menang nantinya semua pihak itu akan legowo dan menerima,” ujarnya.

Bagi yang menang, lanjut Kisbi, baiknya bisa bersyukur namun tidak berlebihan dalam merayakannya. Sedangkan bagi yang kalah, baiknya bisa rela serta bersikap negarawan dan mendukung program kerja desa.

“Mari jadikan Pilkades ini media demokrasi yang adil dan beradab, bukan pemicu perpecahan dan kekacauan,” ajak Ketua Komisi Pendidikan MUI Kudus itu. (rid/ adb)

Comments