Pemudik Ikuti Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila Sebelum Diberangkatkan

0
376
  • 96 Warga Kudus Mudik Gratis
Sebagian pemudik mengabadikan momen sebelum diberangkatkan.

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Sebanyak 213 bus dengan 10.780 pemudik, mengikuti program mudik gratis yang difasilitasi oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Jateng, walikota/ bupati se Jateng dan Bank Jateng.

Ada yang menarik dalam pemberangkatan pemudik, yang 96 di antaranya adalah warga Kabupaten Kudus. Yakni sebelum pemberangkatan, dilakukan upacara dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.

Upacara peringatai Hari Lahir Pancasila, dipimpin oleh Gubernur Jateng, H. Ganjar Pranowo. Dalam amanatnya orang nomor satu di Jateng, itu mengingatkan pentingnya menjaga persatuan antarelemen masyarakat agar guyub rukun.

‘’Pemilu sudah usai. Sekarang saatnya merajut kembali benang persaudaraan yang sempat robet usai Pemilu,’’ ujar Ganjar Pranowo sebagaimana dilaporkan Ahmad Syafi’i, Koordinator Lapangan (Korlap) Kudus kepada Suaranahdliyin.com, Sabtu (1/6/2019).

Usai upacara, dilanjutkan pemberangkatan pemudik yang sasaran utama peserta mudik gratis ini adalah buruh bangunan, buruh pabrik, asisten rumah tangga dan mahasiswa. Pemberangkatan pemudik dilakukan di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Ahmad Syafi’i mengemukakan, pemudik dari Kudus berjumlah 96 orang, difasilitasi dua bus. Selain itu, ada perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus yang mengawal, yaitu P. Nugroho (Kasi Lalu Lintas) ditemani beberapa personel Dishub lain seperti Pujo Setiono, Teguh Ari Wibowo dan Amir Abdul Basith.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK), Marsekal Madya TNI (Purn) Eris Herryanto, sebelum melepas pemudik mengucapkan selamat Idul Fitri  1440 H. ‘’Titip salam buat keluarga di rumah. Dan jangan lupa, 30 Juni mendatang digelar halalbihalal FKMK, yang akan dihadiri Bupati Kudus dan tokoh-tokoh Kota Kretek di Jakarta. (syafi’i/ adb, ros)

Comments