PBNU: 1 Syawal Jatuh pada 5 Juni

0
194
Lembaga Falakiyah NU Kudus dan Ma’had Aly TBS tengah melakukan rukyatul hilal, Senin (3/6/2019) sore.

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Dalam rangka penentuan 1 Syawal 1440 H / 2019 M, Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falakiyah PBNU pada Selasa (4/6) telah melakukan rukyatul hilal bil fi’li (melakukan observasi hilal di lapangan) di beberapa lokasi yang telah ditentukan.

Dalam rukyatul hilal bil fi’li itu, tim tidak berhasil melihat hilal. ‘’Atas dasar istikmal itulah dan berdasar pendapat madzahibul arba’ah (4 Imam Madzhab), Nahdlatul Ulama (NU) mengikhbarkan (memberitahukan) 1 Syawal 1440 H (Idul Fitri) jatuh pada Rabu (5/6),’’ terang  Ketua Harian PBNU, H. Robikin Emhas dalam siaran pers-nya.

Dalam kesempatan itu H. Robikin Emhas berharap, amal ibadah umat Islam selama Ramadan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. ‘’Dan semoga amaliyah selama bulan Ramadan dapat diteruskan di bulan-bulan berikutnya,’’ katanya.

Terkait dengan rukyatul hilal, Lembaga Falakiyah NU di berbagai daerah memang telah melaksanakannya di berbagai tempat. Salah satunya rukyatul hilal digelar oleh Lembaga Falakiyah NU Kudus yang bekerja sama dengan Ma’had Aly TBS.

Rukyatul hilal yang digelar Lembaga Falakiyah NU Kudus bekerja sama dengan Ma’had Aly TBS itu dilakukan di kompleks Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Menawan (PTYQM). Hadir pada kesempatan itu antara lain KH. Dr. Ahmad Faiz Lc. MA. (pengasuh PTYQM) dan para muhadlir Ma’had Aly TBS, antara lain Ustaz Azhar Lathif, Ustaz Noor Aflah, Ustaz Kholilurrhman, Ustaz Syaifuddin Shaghir dan Ustaz Irsyad R. Azmi. (ros/ adb, rid)

Comments