LAZISNU Cilacap Ekspor Produk Ini ke Eropa dan Amerika

0
1020
Ketua LAZISNU Cilacap Wasbah Samudra (baju putih) di depan stand PCNU Cilacap

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – LAZISNU Kabupaten Cilacap berhasil menciptakan produk yang disukai masyarakat luar negeri. Mereka membuat kerajinan tas dari anyaman eceng gondok dan pelepah pisang.

Melalui program pemberdayaan mereka bahkan sudah beberapa kali ekspor produk kerajinan ke pasar Eropa dan Amerika.

“Kemarin kita baru saja kirim 3.000 set ke Eropa dan 700 set ke Amerika,” ujar Ketua PC LAZISNU Kabupaten Cilacap, Wasbah Samudera di stand bazar Rakorwil PWNU Jateng di Kawasan Masjid Agung Jawa Tengah, Kamis (10/02/22).

Ia menjelaskan, produknya itu merupakan hasil dari program 1.000 pengrajin yang dikelola oleh LAZISNU Cilacap. Bekerjasama dengan MWC dan Banom, mereka mengumpulkan nahdliyin untuk diberi pelatihan dan diberikan bahan baku.

“Kami berikan pelatihan, kami carikan bahan baku, setelah barang jadi kami beli dan jualkan,” ujarnya.

Kerajinan enceng gondok yang dipasarkan LAZISNU Cilacap

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan permintaan pasar luar negeri terkait produknya sangat banyak. Sempat kewalahan menerima order karena kesulitan bahan baku dan pengrajin yang masih terbatas.

“Ini sangat diminati oleh pasar Eropa karena ramah lingkungan dan bernilai seni, hanya saja memang keterbatasan kita kadang belum bisa memenuhi kuota,” paparnya. (rid, gie, adb/ros).

Comments