Kreatif, Mahasiswa KPI IAIN Kudus Diskusikan Media Sambil Pameran Karya

0
203
Diskusi Media yang diselenggarakan HMPS KPI IAIN Kudus

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Kudus mengelar Pameran Karya dan Diskusi Media, Kamis (23/06/2022). Mengusung tema “Masa Depan Media Cetak di Era Jurnalisme Digital”, acara di Gedung PKM Kampus Barat IAIN Kudus.dengan p0eserta 125 mahasiswa KPI semester 6.

Ketua HMPS KPI, Jarwani Linda Listik Safitri mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan kelas mata kuliah Produksi Media Online dan Cetak. Pameran yang ditampilkan berupa majalah hasil karya mahasiswa dengan berbagai tema di antaranya membahas perempuan, psikologi, mahasiswa, kampus, budaya hingga muda mudi.

“Tujuannya untuk membranding prodi KPI agar lebih dikenal oleh mahasiswa.”ujarnya.

Ia menjelaskan diskusi dan pameran ini merupakan inisiatif dari dosen pengampu untuk membuat projek yang menghasilkan karya tulis mahasiswa.

“Jadi kita tidak hanya belajar secara teoritis di kelas, tetapi juga praktik,” ungkapnya saat ditemui selepas acara.

Ia berharap, kegiatan ini dapat dikenal oleh mahasiswa terutama mahasiswa KPI dan menjadi bahan pembelajaran untuk mahasiswa angkatan di bawahnya.

“Kami juga meminta mahasiswa angkatan 20 dan 21 untuk memamerkan karya, sehingga bisa meningkatkan kualitas SDM di prodi KPI,” katanya berharap.

Sementara dalam memaparkan materi, Redaktur Pelaksana Suara Merdeka, Saroni Asikin menerangkan bahwa sebuah karya jurnalistik harus mengandung nilai-nilai dan etika jurnalistik.

“Berita adalah sesuatu yang mengungkapkan fakta, jika tidak mengungkapkan fakta artinya bukan berita,” terang Saroni kepada audiens.

Dirinya menekankan, ketika meliput berita, wartawan harus menggunakan proses verifikasi atau tabayun, dengan cara memeriksa, verifikasi ke narasumber ahli.

“Ini yang dilupakan oleh media digital sekarang, itu kan sudah bukan lagi kerja jurnalistik,” tegasnya. (Sim/adb)

Comments