KH Husein Muhammad: Teks-teks itu Respons atas Realitas

0
480
KH Husein Muhammad foto bersama pengasuh Presantren Prisma Qur’anuna dan sebagian santriyah

KUDUS, Suaranahdliyin.com – KH Husein Muhammad mengunjungi Pesantren Riset dan Literasi Prisma Quranuna, yang lokasinya berdekatan dengan Kampus IAIN Kudus, baru – baru ini.

Pada kunjungannya itu, penulis produktif yang sangat aktif mengampanyekan pesan-pesan kesetaraan gender dalam Islam, ini berdialog dengan para santriyah di Pesantren Prisma.

“Saya senang di sini (Pesantren Riset dan Literasi Prisma Quranuna, red). Riset dan Literasi. Saya selalu ingin mengampanyekan ini,” tuturnya.

Menurut kiai yang akrab disapa Buya Husein ini, riset dan literasi adalah dua hal yang menjadi dasar dari setiap kebijakan. “Realitas adalah dasar, tidak ada jalan untuk mengingkari realitas itu,” ungkapnya.

Kiai yang produktif menulis itu menambahkan, bahwa dari realitaslah disusun sebuah teori. “Di mana-mana kehilangan ini. Basis perumusan kebijakan, seharusnya berbasis pada fakta, pada realitas yang ada dalam masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa teks-teks adalah respons atas realitas. “Sementara, realitas itu berada dalam sebuah tradisi atau kebudayaan. (Maka) Pastilah keputusan-keputusan itu terpengaruh oleh budaya,” katanya. (rina, uun/ rid, mail, ros, adb)

Comments