Kemampuan Jurnalistik jadi Sarana Membranding Organisasi

0
485
Pelatihan jurnalistik Kopma IAIN Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Personal branding bagi sebuah komunitas atau organisasi menjadi penting untuk meningkatkan eksistensinya di masyarakat. Membranding organisasi juga bisa dilakukan dengan kemampuan jurnalistik.

Hal itu mengemuka dalam pelatihan jurnalistik, videografi dan public speaking yang diadakan Koperasi Mahasiswa IAIN Kudus, Ahad (19/03/2023). Hadir sebagai pembicara, Jurnalis Suaranahdliyin.com Hasyim Asnawi.

Hasyim Asnawi mengatakan sebuah organisasi dapat menyebarluaskan informasi dan kegiatan-kegiatan di dalamnya lewat media dan tulisan. Dengan kemampuan jurnalistik yang bagus, orang luar akan lebih mudah mengetahui sepeti apa organisasi tersebut.

“Kita bisa membranding organisasi/komunitas yang kita ikuti lewat media, berita, atau informasi yang kita share ke publik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hasyim menjelaskan bahwa kemampuan jurnalistik bisa dimanfaatkan untuk membuat berita kegiatan, press release, infografis atau konten untuk dipublikasikan di media organisasi. Dengan narasi yang apik, penyesuaian algoritma di media sosial, dan konsistensi dalam berkarya akan meningkatkan branding organisasi ke pihak luar.

“Misalnya kopma mempunyai agenda, bisa membuat rilis untuk disebarluaskan, membuat publikasi media, tentu bisa memperluas jaringan dan menambah ketertarikan orang luar bergabung,” ucapnya.

Tak hanya itu, kemampuan jurnalistik juga dapat bermanfaat untuk mengasah kemampuan menulis dan literasi seseorang. Menurutnya, hal ini cukup penting sebagai softskill tambahan bagi mahasiswa.

“Tak ada ruginya belajar jurnalistik sebagai tambahan softskill kita, kita bisa manfaatkan itu untuk membranding komunitas, menulis, membangun jaringan, dan tentu mengenalkan produk dan karya kita ke masyarakat luas,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kopma IAIN Kudus, Alfian Chasanul Muna mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk mengasah kreativitas anggota Kopma lebih produktif, kreatif dan inovatif.

Selain pelatihan jurnalistik, pihaknya juga menggelar pelatihan videografi dan kemampuan public speaking di hari yang sama. Dirinya berharap dengan terselenggaranya ketiga pelatihan ini, dapat meningkatkan produktivitas anggota Kopma dalam berkarya.

“Hasil pelatihan ini kami harap bisa mendorong anggota Kopma lebih berkarya, bisa mengenalkan produk-produk kopma, seperti toko, printing, produk buletin, web dll,” harapnya.(umi/adb) 

Comments