KBPW Gandeng Dua Kampus Besar di Kudus Garap Video Art Bertema Lingkungan

0
262
Ilustrasi (istimewa/SN)

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) menggarap konten edukasi dan seni bertema lingkungan menggandeng dua kampus besar di Kudus. Kolaborasi antara tim kreatif KBPW dengan mahasiswa IAIN Kudus dan Universitas Muria Kudus (UMK) itu tidak melibatkan banyak orang karena pandemi.

Koordinator dan Pengarah tim KBPW Fakhri Husaini mengatakan penggarapan konten ini dimaksudkan untuk lomba yang diadakan oleh Korean Forest Service (KFS) dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). “Kami menggarap video pendek berjudul “Deer and Rabbit” untuk event itu,” katanya, Ahad (04/07/21).

Lebih lanjut ia menjelaskan, video tersebut mengangkat isu tentang hubungan antar makhluk hidup (flora, fauna dan manusia) di dalam ekosistem hutan. Isu tersebut dikemas dengan kompilasi adegan tari dan teatrikal antara kelinci dan kijang yang diperankan oleh aktor dari Teater Satoesh IAIN Kudus dan Teater Tigakoma UMK.

“Kami merasa bahwa dalam hubungan tersebut manusia terlalu serakah sehingga perlu diingatkan lewat video ini agar mau kembali untuk mengelola dan menjaga keseimbangan alam,” jelasnya.

Sementara itu, ketua kelompok kerja kreatif Kampung Budaya Piji Wetan Muchammad Zaini menyampaikan apresiasinya terhadap dua kampus tersebut. Menurutnya, kerjasama seperti ini menjadi salah satu wujud konkret pengabdian kolektif antara seniman, akademisi dan warga desa di masa pandemi.

“Harapannya video ini nantinya bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa atau akademisi maupun masyarakat desa agar terus bersinergi membentuk jaringan kebudayaan yang sehat dan bermuara pada kemajuan daerah,” paparnya. (rid/ros, adb)

Comments