Harlah ke-101, PCNU Kudus Launching Buku Praksis Moderasi Beragama

0
435
Menandai peluncuran buku, Ketua Lakpesdam NU Kudus H. Nur Said menyerahkan buku Praksis Moderasi Lintas Budaya kepada Rektor IAIN Kudus Abdurrahman Kasdi.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kudus meluncurkan buku berjudul ‘Praksis Moderasi Beragama Lintas Budaya’ pada Selasa, (31/01/2024). Kegiatan ini ini menjadi bagian dari rangkaian Harlah Ke-101 NU Kabupaten Kudus

Sekretaris PCNU Kudus, Kisbiyanto, menyebutkan, pembuatan buku ini merupakan upaya membangkitkan kembali budaya literasi di kalangan NU. Sekaligus tindak lanjut dari even rutin berupa seminar dan diskusi terkait keagamaan dan sosial masyarakat.

“Buku tersebut ditulis puluhan kader NU. Dalam penerbitannya kami bekerja sama dengan Perpustakaan IAIN Kudus,” ujar Wakil Rektor III IAIN Kudus kepada Joglo Jateng.

Pihaknya menjelaskan, buku moderasi beragama tersebut berisikan praktik moderasi beragama. Yang merupakan sebagai bagian dari visi NU.

“Seperti yang kita tahu. Nilai moderat atau yang sering disebut moderasi beragama merupakan visi NU. Artinya berada di tengah-tengah tidak keras dan tidak liberal.

Selain perihal keagamaan, hal-hal yang bersifat praktis. Berupa sosial kemasyarakatan, lintas budaya, pendidikan agama Islam, fenomena anak muda hingga psikologi.

“Sementara lintas budaya yang dimaksud dalam hal ini yaitu toleransi Sunan Kudus.

Meskipun penulisnya berasal dari kalangan NU. Tapi pendekatannya lintas budaya. Dan kontennya tidak hanya membicarakan ttg Kudus tetapi aspek sosial Nusantara.

“Intinya berisi tradisi penguatan Islam di Nusantara. Khasanah ulama dari beberapa daerah seperti Aceh, Palembang, Jawa dan Kalimantan hingga Papua,” katanya.

Ketua PCNU KH Asyrofi Masyito, mengatakan, di usia ke 101 tahun, PCNU Kudus mengimbau kepada seluruh aktivis NU untuk terus menggencarkan kegiatan yang bermanfaat. Khususnya untuk umat.

“Melalui even ini semoga bisa memotivasi dan merefleksi agar bisa meningkatkan program dan inovasi baru yang lebih bermanfaat untuk umat,” katanya.

Buku Praksis Moderasi beragama lintas budaya ini diterbitkan Lakpesdam NU Kudus. Buku ini berisi kumpulan 33 artikel.(umi/adb,ros) 

Comments