Founder DSC Sebut Jepara Miliki Sejarah yang Melegenda

0
337
Gelaran Daulah Budaya Nusantara Tepatnya di Lapangan Sono Keling, Desa/ Kecamatan Keling, Jepara

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Kolaborasi apik dilakukan antara Dunia Santri Community (DSC), Indika Energy, Pondok Alam Adat Budaya Nusantara dan Pesantren Budaya Darul Mudhaffar, belum lama ini.

Tepatnya di Lapangan Sono Keling, Desa/ Kecamatan Keling, Jepara pada Sabtu (4/11/2023) lalu, dilangsungkan pagelaran wayang kulit semalam menghadirkan Ki Sujiwo Tejo dengan membawakan lakon “Gondomayu”.

Dr Abdulloh Hamid, founder DSC, mengutarakan, kali ini tidak hanya pagelaran wayang yang disuguhkan, melainkan juga sebagai ikhtiar melakukan Ruwatan Nusantara.

“Jepara merupakan satu-satunya kota di Jawa Tengah yang ditempati Daulah Budaya Nusantara. Sebab, Jepara memiliki sejarah yang sangat kental dan melegenda, di mana ada tokoh-tokoh kharismatik seperti Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, KH Sholeh Darat, RMP Sosrokartono dan RA Kartini,” katanya.

Dikatakannya, bahwa budaya sudah mulai bergeser, maka diperlukan adanya ruwatan Nusantara. “Harapannya, Indonesia bangkit dan menjadi Negeri yang memiliki jati diri, sehingga dapat memengaruhi Negara-negara lain seperti di masa dulu,” ujarnya dalam Daulah Budaya Nusantara yang antara lain dihadiri juga oleh Ir Teguh Hariyono dan Kiai Paox Iben Mudhoffar. (rls/ ros, rid, adb)

 

Comments