Dilantik, LPTNU Kota Bandung Gelar Semnas dan Kukuhkan Program

0
631
dok. LPTNU Kota Bandung

BANDUNG, Suaranahdliyin.com – PCNU Kota Bandung secara resmi melantik Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Kota Bandung di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Sabtu (27/07/19).

Prosesi pelantikan ini dipimpin oleh Wakil Ketua PCNU Kota Bandung, Dr. Techn. Saiful Akbar, ST., MT. Usai melantik, Ia menyampaikan ucapan selamat dan harapan agar lembaga baru milik PCNU Kota Bandung ini bisa membawa kemajuan untuk perguruan tinggi di Bandung.

“Atas nama PCNU Kota Bandung, kami ucapkan selamat dan sukses kepada Bapak/Ibu yang telah resmi dilantik, semoga ke depannya dapat membawa kemajuan bagi pendidikan tinggi khususnya di lingkungan NU,” ujar Saiful Akbar yang juga dosen Teknik Informatika ITB.

Ketua LPTNU Kota Bandung, Dr. H. Diding Nurdin, M.Pd., menyampaikan komitmennya sebagai ketua dalam enam program utama. Diantaranya yaitu mengembangkan SDM perguruan tinggi dan pendidikan dasar menengah, menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme, meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan, mengembangkan tata kelola pendidikan yang transparan dan akuntabel, menanamkan nilai-nilai budaya berbasis Aswaja an-Nahdliyah, meningkatkan budaya akademik yang edukatif, ilmiah dan religius.

“Kami berkomitmen untuk melaksanakan program tersebut secara baik dengan dukungan seluruh pengurus dan kerja sama dengan seluruh perguruan tinggi di Bandung,” tandas dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung ini.

Diding menambahkan, kepengurusan LPTNU 2019-2024 ini diisi oleh para akademisi dari berbagai perguruan tinggi yang ada di wilayah Bandung. Diantaranya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Telkom, Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Islam Nusantara (UNINUS), dan Universitas Pasundan (UNPAS).

“Ini tentu saja menjadi nilai plus dan potensi bagi PC LPTNU Kota Bandung untuk bisa mengembangkan pendidikan tinggi NU lebih baik lagi melalui komparasi dengan pendidikan tinggi yang sudah lama berdiri,” imbuhnya.

PC LPTNU mengukuhkan program-program yang akan dilaksanakan pada kepengurusan lima tahun ke depan. Diantaranya, sosialisasi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholders pendidikan, pelatihan penulisan karya ilmiah untuk dosen, guru, dan mahasiswa, pelatihan penulisan buku ajar dan modul bagi dosen dan guru, pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi guru, dosen, dan mahasiswa.

“Kami juga akan mengadakan pelatihan kepemimpinan perguruan tinggi, pendampingan akreditasi departemen/prodi di perguruan tinggi serta pelatihan simulasi dan bimbingan tes CPNS dengan sistem CAT sebagai program di lima tahun yang akan datang,” kata Diding.

Pelantikan ini juga disaksikan oleh PW LPTNU Jawa Barat Dr. Suhendra Yusuf yang juga merupakan Rektor Universitas Islam Nusantara (UNINUS). Usai prosesi pelantikan, LPTNU Kota Bandung juga menggelar seminar nasional (semnas) bertema “Peran dan Tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”.

Hadir dalam seminar tersebut beberapa narasumber, diantaranya Drs. H. Dadi Iskandar, MM (Staf Ahli Gubernur Jabar), Prof. Dr. H. Bunyamin Maftuh, M.Pd, MA. (Direktur Karier dan Kompetensi SDM Kemenristekdikti) dan Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si (Rektor UPI). (rls/rid)

Comments