Buka Luwur Mbah Panggung Langgardalem Bagikan 3500 Nasi Berkah

0
191
Pengajian umum Buka luwur Mbah Panggung

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Buka Luwur Mbah Panggung Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus membagikan 3.500 nasi bungkus kepada masyarakat. Nasi berkah yang dibagikan berupa nasi jangkrik dan nasi uyah asem khas buka luwur.

Ketua panitia, Muhammad Yusuf Perdana mengungkapkan ada dua jenis makanan khas buka luwur yang akan dibagikan kepada para donatur dan masyarakat umumnya.

“Ada sebanyak 500 besek nasi jangkrik yang akan diberikan kepada para donatur, sedangkan 3000 nasi bungkus Uyah asem dibagikan pada masyarakat umum dan para santri pondok sekitar Langgardalem setelah pengajian pada malam harinya,”ungkapnya kepada suaranahdliyin.com, Rabu (24/08/2022).

Ia menjelaskan nasi jangkrik ini terbilang unik karena dibungkus dengan besek, sedangkan tempat lauknya disajikan dalam wadah dari daun jati berbentuk melingkar yang dinamakan sudi. Tidak jauh berbeda, nasi uyah asem yang akan dibagikan juga dibungkus dengan daun jati.

Untuk memasak lauk nasi jangkrik dan nasi Uyah asem itu, imbuh Yusuf, panitia membutuhkan sekitar 200 kuintal daging kerbau dan 2 ekor kambing . Pembagian nasi berkah ini sudah dilakukan secara turun temurun setiap kegiatan buka luwur Mbah Panggung.

“50 kilo akan dibuat nasi jangkrik 500 besek dan 150 kilo dijadikan nasi Uyah asem 3000 bungkus,” tambahnya.

Warga menerima nasi berkah

Yusuf mengatakan tujuan pembagian ribuan nasi berkah ini tak lain yaitu untuk ngalap berkah Mbah Panggung Langgardalem. Konon, shodaqoh dalam bentuk nasi bungkus tersebut mulanya dilakukan dengan nasi kepungan di atas nampan sebelum kemudian diubah seperti tradisi yang ada di Buka Luwur Sunan Kudus.

“Harapan kami untuk ngalap berkah, tidak hanya yang ada disekitar Langgardalem tapi juga pada masyarakat umum yang datang ke pengajian,” ujarnya.(hasna/adb)

Comments